Grojogan Sewu, Tempat Terlarang Bagi Sepasang Kekasih

Diposting pada

Grojogan Sewu – Kaki Gunung Lawu memang mempesona, ada beberapa pemandangan dan keindahan yang memang wajib untuk dinikmati. Bahkan, esoktisnya menjadi sebuah mitos bagi para kekasih yang datang ke tempat ini.

Grojogan Sewu

Tempat yang bisa diibaratkan sebagai kawasan puncak bagi warga Surakarta dan sekitarnya ini memang mempunyai pesona nan elegan. Namanya adalah Grojogan Sewu. Kawasan yang memang paling mempesona di daerah Tawangmangu, karanganyar.

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu berasal dari bahasa jawa yaitu, Grojogan yang artinya air terjun, dan sewu artinya adalah seribu. Sehingga, bila digabungkan menjadi satu mempunyai arti air terjun yang berjumlah seribu. Apakah benar berjumlah seribu?

Bukan air terjunnya yang berjumlah seribu ternyata. Tetapi, jumlah anak tangga yang ada disini. konon katanya ada 1200 anak tangga yang harus dipijak selama berada disini. sudah bisa dibayangkan bukan, bagaimana susahnya menuju ke titik lokasi ini.

Tidak hanya itu saja, tempat ini pun hadir dengan berbagai macam kera yang nakal. Jadi, anda harus berhati-hati dan disarankan jangan membawa makan-makanan yang mencolok. Lantaran, kera ini matanya akan hijau bila melihat makanan.

Jadi, bisa saja kera ini akan merebut makanan anda. Uniknya lagi, tidak hanya satu kera saja, banyak kera yang akan membantu merebut makanan ini. Jadi, daripada berisiko lebih baik jangan membawa banyak makanan atau juga minuman.

Pintu Kedua

Bagi anda yang mungkin sudah lanjut usianya dan sudah lelah bila harus berjalan jauh. Jangan menyurutkan semangat untuk mengunjungi tempat ini. Lantaran, di Grojogan sewu ada dua pintu masuk.

Letak pintu masuk kedua memang sedikit jauh dari pintu masuk pertama. Letaknya dekat di sebuah hotel dan penginapan ternama disini. Jadi, jikalau anda lelah langsung saja menginap di salah satu penginapan yang ada disini.

Di pintu dua ini, jalanan memang masih sedikit menanjak. Namun, sangat bersahabat daripada jalur di pintu satu. Disini, kera-kera yang ada di hutan tidak terlalu banyak dan juga ganas. Cukup membawa tongkat saja. kera-kera ini akan takut dan lari dengan sendirinya.

Di sini pula anda juga bisa menikmati beberapa taman dengan patung ular dan juga katak yang seakan sedang bertarung. Fasilitas musholla serta warung-warung pun juga hadir bagi anda yang ingin menikmati berbagai macam makanan disini.

Mitos

Bagi sepasang kekasih ada beberapa mitos yang perlu diperhatikan bila berkunjung ke tempat ini. Hadirnya sebuah jembatan yang diyakini bila kalian berjalan disini, maka hubungan kalian akan berakhir.

Benar ataukah tidak dengan mitos ini, anda bisa mencoba untuk membuktikannya sendiri. Tetapi, hanya berlaku bagi pasangan yang belum menikah. Jika, sudah menikah mitos ini akan luruh dengan sendirinya.

Grojogan Sewu

Daya Tarik

Nah, daya tarik dari tempat ini adalah bebatuan yang berjajar rapi. Air terjun dengan tinggi kurang lebih 30 meter ini memang menghadirkan pesona yang tidak bisa terlupakan. Cobalah merasakan airnya. Pasti sangat segar dan mampu membasuh rasa lelah.

Apalagi, dengan pepohonan yang menjulang tinggi dan suhu tawangmangu yang memang menyejukkan dan menenangkan. Sehingga, anda akan terbuai dan terbius dengan apa yang ada di tempat ini.

Selain itu, anda juga bisa menikmati berbagai macam wahana outbond yang sangat menantang. Seperti flying fox serta mini rafting dan kolam renang yang sangat mengesankan. Sayangnya, anda tidak bisa berenang dan berendam di kawasan ini.

Cara menikmati Grojogan Sewu lainnya adalah menikmati berbagai macam menu kuliner yang sangat nikmat, yaitu dengan hadirnya sate kelinci dan sate landak yang mempunyai tekstur lembut dan bumbu yang sangat merasuk hingga ke dalam daging.

Rute Lokasi

Grojogan Sewu terletak di Kecamatan Tawangmangu, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jarak dari pusat karanganyar adalah 21 km. Dan, dari pusat kota solo adalah 42 km. Atau bisa menempuh waktu kurang lebih 1 jam 17 menit.

Anda bisa melakukan perjalanan dari Kota solo dengan menggunakan bus dari terminal giwangan hingga menuju ke terminal tawangmangu. Lalu lanjutkan menuju ke grojogan sewu dengan menggunakan ojek. Cek Google Maps

Grojogan Sewu

Harga Tiket Masuk

Nah, untuk harga tiket masuk kawasan ini adalah 15 ribu rupiah. ingin bermain flying fox anda akan di tarik dengan harga 11 ribu rupiah. jam operasional kawasan ini buka pada jam 7 pagi hingga 5 sore.

Saking indahnya tempat ini, anda wajib membawa kameran mumpuni. Agar setiap momen bisa diabadikan melalui foto dan gambar. Karena, keindahan di depan mata bagaikan sebuah lukisan ini sayang untuk dianggurkan begitu saja tanpa ada sebuah kenangan.

Baca Juga: Air Terjun Jumog, Surga Tersembunyi di Karanganyar

Grojogan sewu adalah tempat paling indah di Lereng gunung lawu. Kawasan yang mempunyai pesona dan esoktis yang tidak akan pernah terlupakan sedikit pun. Jadi, jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi kawasan ini bila berada di solo atau karanganyar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *