Weekend Tapi Masih Bingung Liburan Kemana? Yuk, ke Danuwo Waterpark Boyolali Aja

4 min read

danuwo-waterpark

Danuwo Waterpark obyek wisata baru di Boyolali, Jawa Tengah. Di tempat ini kita bisa berenang, bermain wahana, berburu spot foto kece dan menyantap kuliner khas Jawa Tengah.

danuwo-waterpark-boyolali
via instagram.com/shanonkei
Jam Buka:08.00 – 22.00 WIB
Tiket Masuk:Rp 15.000 – Rp. 25.000
Nomor Telpon:
Aktivitas:Berenang, bermain wahana, berfoto, mancing, dll.
Waktu Terbaik: Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Topi, ransel, kamera, pakaian ganti
Larangan:Dilarang membuang sampah sembarangan, dilarang bawa makanan dari luar
Alamat:Jln. Suryo Kusumo Km. 3, Desa Udanuwuh, Kaliwungu, Boyolali, Jawa Tengah
Fasilitas Umum:Area parkir, kamar ganti, kamar bilas, toilet, cafe, mushola, gazebo, meeting room
Akses Jalan:Baik (gunakan kendaraan pribadi)
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Jawa Tengah punya kabupaten dan kota yang menyimpan pesona wisata yang melimpah.

Salah satu kabupaten tersebut adalah Kabupaten Boyolali yang termasuk ke dalam kawasan Solo Raya.

Jika sempat berkunjung ke kota yang berjuluk kota susu ini, kamu bisa melancong ke tempat-tempat wisatanya salah duanya Tlatar Boyolali dan wisata air Danuwo Waterpark.

Obyek wisata kedua yang juga kadang disebut Waterboom Boyolali merupakan wana wisata baru di Boyolali.

Karena itu untuk mengetahui apa saja yang ditawarkannya, kami sudah siapkan ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sekilas Danuwo Waterpark

Obyek wisata ini dibuka pada tahun 2019 kemarin.

Temanya adalah wisata air atau taman bermain air yang menyediakan kolam renang dan beberapa wahana pendukung sebagai sarana bermain anak-anak.

Selain itu, di dalamnya juga tersedia beberapa cafe dan resto yang menjual aneka menu kuliner khas Jawa Tengah.

Ditambah spot-spot foto instagenic, jadilah tempat wisata ini dikenal sebagai perpaduan wisata air, kuliner dan wisata foto.

Liburan ke tempat ini kamu bisa melakukan banyak hal.

Selain pastinya bisa berenang, kamu juga bisa menyantap kuliner atau berburu spot foto kece untuk meramaikan feed Instagram mu.

Selengkapnya mengenai wahana apa saja yang ada di tempat ini, kamu bisa baca uraiannya pada bagian berikut ini.

Wahana dan Aktifitas

Sudah barang tentu wahana utama yang menjadi andalan tempat wisata ini adalah kolam renang.

Di dalam tersedia kolam renang untuk dewasa, anak-anak dan balita.

Selain dapat berenang menikmati segarnya air, kita juga bisa bermain di berbagai wahana permainan seperti seluncuran air, ember tumpah, balon air, hingga bebek air.

Yang menarik dan paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak adalah saat dinyalakannya meriam salju.

Anak-anak tampak antusias dan sangat senang karena saat itu mereka bisa seru-seruan berebut tempat terbaik agar puas mandi salju.

Meriam salju ini tidak dinyalakan sepanjang waktu. Biasanya pada jam-jam tertentu saja untuk memberi kejutan bagi para pengujung.

Selain itu di tempat ini juga ada wahana kolam pancing dan kolam terapi ikan.

Bagi kamu yang suka mancing dan berniat mencoba spot pemancingan, jangan lupa bawa pancing dan umpannya karena disini belum ada penyewaan alat pemancingan.

Sedangkan bagi kamu yang ingin berelaksasi, datang saja ke kolam terapi ikan untuk menikmati sedapnya pijitan ikan-ikan kecil di kolam tersebut.

Di Danuwo Waterpark juga ada berbagai spot foto yang kren dan kece. Spot-spot foto tersebut selalu ramai oleh muda mudi, anak-anak bahkan orang tua yang berfoto bersama keluaga.

Tema yang dihadirkan pun beragam, tinggal pilih saja sesuai keinginan dan kesan apa yang ingin kamu tampilkan di foto kamu nantinya.

Yang terakhir di tempat ini ada banyak resto dan cafe yang menjajakan aneka menu kuliner. Yang dijual memang bukan menu Oriental ataupun Eropa.

Karena masih baru dan mungkin memang hanya ingin memajukan kuliner daerah, yang dijual disini hanya kuliner khas Jawa Tengah saja.

Menu-menu makanan yang bisa kamu santap di restoran antara lain mie rebus, nasi goreng, bakso, ikan bakar, ayam bakar, dan tempe mendoan.

Sedangkan untuk minumannya, yang paling nikmat sebagai pelengkap aneka makanan tadi adalah kopi hitam kental seharga Rp.5000.

Untuk harga makanan tidak perlu khawatir, harganya tidak terlalu mahal hanya berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000 saja.

Sementara itu kalau ingin menikmati sensasi berbeda kamu bisa menikmati makanan dan minuman di cafe yang juga ada di tempat ini.

Pada malam hari kamu bahkan bisa makan dan minum sambil dihibur pertunjukan live music di cafe tersebut.

Menu dan harga makanan di cafe juga tidak jauh berbeda dengan yang dijual di resto. Jadi kamu tidak perlu takut kemahalan.

Oh ya. Memasuki waterpark ini kita tidak diizinkan membawa makanan dan minuman dari luar.

Karena itu siapkan saja dana yang cukup meskipun harga makanan dan minuman di dalam tidak terlalu mahal.

Dan sebagai pelengkap informasi, di lokasi waterpark ini kamu juga bisa mengadakan pertemuan ataupun gathering komunitas.

Anak-anak sekolahan juga sering mengadakan acara outbound di dalam area playground yang tersedia lengkap dengan wahana ayunan dan jungkit-jungkit.

Jam Buka

Obyek wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 10 malam.

Hari Jam buka
Setiap Hari 08.00 – 22.00 WIB

Biasanya pengunjung akan sangat ramai pada saat weekend ataupun pada saat libur panjang sekolahan.

Dengan demikian kalau ingin mendapatkan momen yang agak sepi dan nyaman, datanglah saat hari kerja pada jam-jam sibuk misalnya pada jam 10 pagi.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata ini kita hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000 saja.

Jenis Tiket Harga
Tiket Reguler Rp. 15.000 (weekdays) – Rp. 20.000 (weekend)
Tiket Terusan Rp. 150.000

Namun kalau memang berniat untuk memainkan dan menikmati semua wahana, siapkan saja budget khusus untuk membeli tiket terusan seharga Rp. 150.000.

Tiket terusan ini bisa kita gunakan untuk memasuki lokasi sekaligus memainkan semua wahana tanpa mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Alamat

Alamat lengkap obyek wisata ini berada di Jln. Suryo Kusumo Km. 3, Desa Udanuwuh, Kaliwungu, Boyolali, Jawa Tengah

Lokasinya dari pusat Kabupaten Boyolali yakni di Kecamatan Mojosongo adalah sekitar 12 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 21 menit berkendara jika kondisi jalan tidak macet.

Sementara dari obyek wisata lainnya di boyolali misalnya Umbul Tlatar Boyolali, obyek wisata Danuwo Waterpark ini bisa diakses dalam waktu kurang lebih 1 jam dengan perkiraan jarak sekitar 24 kilometer.

Mengenai alat transportasi yang bisa kita gunakan ke tempat ini sebaiknya kendaraan pribadi saja.

Karena meskipun ada, angkutan umum yang mengarah langsung ke lokasi nya masih sangat jarang mungkin disebabkan karena lokasinya yang berada di tengah desa.

Selain itu jalan masuk ke lokasinya dari jalan raya memang agak sempit dan saat ini agak sedikit rusak. Jadi akan lebih mudah kalau menggunakan kendaraan pribadi misalnya sepeda motor.

Selain Umbul Tlatar Boyolali masih ada tempat wisata lain yang bisa kita kunjungi setelah ataupun sebelum ke tempat wisata ini.

Tempat-tempat wisata tersebut antara lain Lembah Gunung Madu, Brown Canyon Boyolali, Taman Alam Surapanta, Umbul Langse, Tretes Taman Tani, dan Umbul Tirtomulyo.

Baca juga: Tirtania Waterpark

Fasilitas Umum

Selain wahana permainan di tempat ini juga sudah tersedia berbagai fasilitas umum untuk mendukung kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain:

  • Area Parkir
  • Kamar Ganti
  • Kamar Bilas
  • Toilet
  • Cafe dan Resto
  • Mushola
  • Gazebo
  • Ruang Pertemuan

Yang datang pada hari libur dan menggunakan mobil sebaiknya berangkat pagi-pagi agar kebagian lahan parkir.

Karena meskipun lahan parkir untuk motor dan mobil sudah tersedia, namun lahan parkir mobilnya masih kurang luas sehingga terkadang para pengunjung harus memarkir di bahu jalan.

Lalu untuk yang ingin menginap misalnya karena berasal dari luar kota, di sekitar lokasi waterpark sudah ada beberapa penginapan yang bisa disewa.

Penginapan-penginapan ini antara lain Hotel Pondok Asri Boyolali, Pondok Merapi Selo, dan Pondok Indah Hotel.

Dari kesemuanya yang paling dekat adalah Pondok Indah Hotel yang jaraknya dari waterpark hanya 6,5 kilometer saja dengan harga sewa kamar mulai dari Rp. 300.000 per malam.

Q&A

Berikut beberapa pertanyaan calon pengunjung sebagai tambahan informasi:

Penutup

Danuwo Waterpark sangat cocok sebagai alternatif liburan keluarga di akhir pekan. Apalagi untuk sarana hiburan anak tempat ini sangat kami rekomendasikan.

Namun demikian bagi kamu yang datang bersama anak-anak agar selalu menjaga mereka selama di lokasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat berlibur.

error: Disable