Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu, Harga Tiket Masuk + Peta Lokasi

Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu, Harga Tiket Masuk + Peta Lokasi
Beri nilai

Benteng Marlborough Bengkul
Menengok kembali sejarah benteng marlborough, mengetahui misteri, foto selfi dengan bagunan benteng yang mengagumkan.
Jam Buka 08.00–18.00
Harga tiket Rp. 2.500
Kontak –
Penginapan
Alamat Jl. Benteng, Kebun Keling, Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu 38119

Peta Lokasi Benteng Marlborough

Jika ingin mengetahui sejarah, sangat banyak sekali cerita yang bisa kita ambil salah satunya adalah sejarah dari benteng marlborough ini. Benteng ini dibangun penjajah inggris untuk menghalangi kolonial belanda masuk di daerah barat bengkulu. Hal ini dilakukan agar penjajah inggris tidak kehilangan hasil curian mereka yaitu rempah dari indonesia ke tangan belanda. Banyak cerita dibalik dinding megah ini, jika kamu penasaran dan punya waktu, sempatkanlah untuk datang ke sini.

Galeri Foto Benteng Marlborough

Benteng Marlborough adalah sebuah benteng terbesar di Asia, dimana benteng ini adalah peninggalan dari pemerintah Inggris saat penjajahan beberapa tahun yang lalu. Pada awalnya, benteng ini digunakan untuk pertahanan, namun seiring berkembangnya zaman, kini berubah menjadi pusat perdagangan.

Benteng ini punya daya tarik tersendiri karena memang sangat langka. Desain bangunannya juga masih asli tanpa renovasi, dengan desain khas abad 17 an. Lokasi bangunan tua tersebut dekat dengan pantai, sehingga membuat tempat ini memiliki perpaduan budaya dan alam secara dinamis.

Tempat ini kini menjadi objek wisata yang cukup populer. Selain itu, bangunan bersejarah Bengkulu ini juga dijadikan referensi penelitian tentang sejarah. Wisatawan yang berkunjung ke benteng ini juga bisa sekaligus mampir ke pantai yang ada di sekitarnya.

Di sekitar benteng ada sebuah jembatan yang unik, dimana jembatan tersebut punya bentuk seperti ekor yang bisa dipasang dan dilepas. Bentuk bangunan dinding pada bagian luar juga masih alami, terlihat seperti parit.

Berada di tempat ini, Anda akan merasakan kembali sejarah benteng tersebut. Selain itu, Anda bisa mengetahui misteri yang ada di tempat ini. Anda juga bisa berfoto dengan bangunan benteng yang mengagumkan tersebut.

Sejarah Benteng Marlborough yakni peninggalan pemerintah Inggris ketika menguasai daerah Bengkulu kala itu. Bangunan ini dibangun pada tahun 1713 hingga 1719 oleh East India Company (EIC) serta dipimpin gubernur bernama Joseph Collet.

Nama “Marlborough” diambil dari nama bangsawan penjajah inggris yang nama lengkapnya yakni Duke of Marlborough I. Pada masa itu, pemerintah Inggris menduduki kawasan tersebut sekitar 25 tahun, mulai tahun 1685 hingga 1825. Pada awalnya benteng ini didirikan di atas sebuah bukit, dan sejak saat itu katanya merupakan benteng terkuat di antara bangunan jajahan Inggris yang lain.

Ada beberapa ruangan dan bangunan penting yang ada di benteng tersebut, dimana ruangan dan bangunan tersebut punya fungsinya tersendiri, diantaranya yaitu bastion, revaline, ruang tahanan, gudang senjata, beberapa meriam dan terowongan.

Terowongan tersebut dibangun di bawah tanah dan punya fungsi sebagai jalur aman untuk masuk keluarnya dari benteng. Terowongan ini pada awalnya sangat panjang, bahkan ujungnya punya beberapa cabang yang berada di pantai paderi, pantai zakat, dan istana gubernur. Seiring berkembangnya zaman, terowongan tersebut tertutup tanah, hingga saat ini tersisa sepanjang 6 meter.

Di benteng ini juga terdapat rumor tentang beberapa misteri yang ada di bangunan ini, beberapa diantaranya seperti makhluk halus, suara langkah kaki, bau busuk, dan pintu penghubung alam ghaib.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Benteng Marlborough

Wisatawan yang berkunjung ke benteng ini akan dikenakan tiket masuk sebesar 2.500 rupiah saja. Cukup murah bukan? Di sana Anda bisa mengenal sejarah Bengkulu. Bangunan bersejarah ini buka pada jam 08.00 hingga 18.00 WIB.

Peta Lokasi Benteng Marlborough

Bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata sejarah Bengkulu ini, Anda dapat melihat lokasinya pada aplikasi Google Maps yang tersedia pada ponsel. Lokasi benteng tersebut terletak di Jalan Benteng, Kebun Keling, Teluk Segara, Kota Bengkulu. Lokasi bangunan tua bersejarah ini berdekatan dengan pantai zakat Bengkulu dan pantai paderi. Aksesbilitas menuju lokasi wisata ini juga sangat mudah, karena bisa menggunakan berbagai macam angkutan, baik darat, laut, maupun udara.

Itulah Benteng Marlborough Bengkulu yang bersejarah ini. Jika Anda berkunjung ke tempat bersejarah ini tentunya akan menambah pengalaman sejarah yang Anda miliki.

Advertisement

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.