Aplikasi untuk Motret Bokeh (Portrait) di iOS

1 min read

Aplikasi untuk Motret Bokeh (Portrait) di iOS

Ketika datang ke kamera smartphone, salah satu fitur baru yang disukai banyak orang adalah potret mlode. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat mengambil foto, terutama wajah manusia dengan gambar latar yang buram.

Pertama kali diperkenalkan pada seri iPhone 7, fitur ini tentunya dapat memudahkan pengguna untuk menciptakan efek bokeh ala DSLR hanya dengan menggunakan smartphone. Seiring berjalannya waktu, beberapa vendor besar seperti Google, Samsung, dan ASUS juga telah memperkenalkan mode potret di smartphone mereka.

Jika smartphone Anda belum mendukung mode potret, jangan panik! Anda dapat memperbaikinya dengan salah satu dari lima program di baikhati.id. Dan berikut adalah daftar aplikasi fotografi yang menawarkan mode potret untuk iOS dan Android.

1. Kamera potret

Aplikasi pertama yang direkomendasikan dengan mode wajah adalah PortraitCam. Dikembangkan oleh BrainFeverMedia, aplikasi ini tersedia untuk perangkat iOS dan tersedia seharga $3,99. Saat Anda membuka foto di PortraitCam, aplikasi ini dapat mendeteksi wajah secara otomatis, Anda hanya perlu menyesuaikan tingkat blur. Anda juga dapat mengedit sendiri beberapa bagian untuk menciptakan efek kabut yang lebih lengkap.

2. Luar biasa

Selanjutnya adalah FabFocus. Sama seperti PortraitCam, aplikasi ini juga memungkinkan Anda mengambil foto sendiri atau mengimpornya dari foto yang ada. Aplikasi kedua ini memiliki antarmuka yang sederhana dibandingkan dengan aplikasi lain. Proses pengenalan wajah memakan waktu lama, namun hasilnya cukup akurat dibandingkan program sejenis.

Meskipun hasilnya cukup akurat, ada fitur pengeditan yang memungkinkan Anda menyesuaikan tingkat keburaman, menyesuaikan area fokus, dan banyak lagi. Aplikasi perangkat iOS dijual seharga $3,99.

3. Setelah fokus

AfterFocus adalah aplikasi yang dikembangkan oleh MotionOne yang dapat digunakan di perangkat Android dan iOS. AfterFocus memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah dipahami. Sama seperti slogan “Bawa fotografi ala DSLR ke smartphone Anda”, Anda bisa membuat foto bokeh ala DSLR menggunakan smartphone Anda. Selain potret, Anda dapat mengedit foto objek lain untuk menciptakan efek blur.

Ada dua mode, cerdas dan manual. Saat Anda mengaktifkan mode pintar, Anda hanya perlu menggambar garis di sekitarnya dan itu akan secara otomatis membuat efek buram. Meski begitu, hasilnya tidak selalu sempurna karena Anda perlu menyesuaikan area fokus secara manual agar lebih pas.

4. Gambar dari depan

Berikutnya adalah Foto Unggulan. Program ini memiliki antarmuka yang sederhana tetapi sangat cepat dan responsif. Hanya saja aplikasi yang dibuat oleh Henry Lee ini tidak dapat digunakan untuk mengambil foto, hanya dapat mengimpor foto yang ada untuk diedit. Saat gambar dimasukkan, Foto Depan akan menggunakan jaringan saraf untuk mendeteksi objek di depan dan mengaburkan latar belakang. Jika Anda merasa efeknya tidak sempurna, Anda dapat mengubah area fokus secara manual.

5. Google Kamera (Ubah)

Terakhir, ada Google Kamera. Aplikasi Google Camera untuk seri Google Pixel 2 memiliki mode potret yang cukup bagus untuk wajah dan subjek lainnya. Meskipun demikian, tampaknya pengguna non-Google perlu melakukan beberapa hal lain agar Google Kamera berfungsi secara normal, mulai dari rooting, menginstal magisk, hingga mengaktifkan camera2 API. Apakah Anda ingin mencobanya? Anda dapat membaca tutorial ini: Cara Memasang Kamera Pixel 2 di Smartphone Android Non-Google