Tegenungan Waterfall, Bukti Bila Bali Tidak hanya Pantai

Tegenungan Waterfall atau air terjun tegenungan adalah tempat wisata eksotis yang menyuguhkan pemandangan nan elok. Lokasi ini dipilih wisatawan lantaran jarak antara lokasi wisata wisata lain sangat dekat.

Jam Buka:06.30–18.30 WID
Harga Tiket:Rp. 10.000/orang
Kontak:
Alamat:Jalan Ir. Sutami, Kemenuh, Sukawati, Kemenuh, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80581
Fasilitas Umum:Warung makan, tempat parkir, toilet, kolam renang dll
Akses Jalan:Baik, sebelum sampai, menuruni anak tangga.
Kedai:Ada
Online Maps:Gmaps
Tegenungan Waterfall

Bali adalah tempat wisata yang masih menjadi incaran semua orang. Kawasan ini memang memiliki panorama yang tidak akan pernah habis bilas terus digali. Bahkan dari ujung hingga ke ujung, Bali memiliki pesona alam nan elok.

Sejak dahulu Bali, memang di kenal dengan panorama pantainya yang bikin geregetan. Tetapi, tahukah sobat travel semua, bila kawasan ini tidak hanya pantai dan pura saja, Melainkan ada keindahan lain berupa air terjun yang harus dinikmati.

Air terjun tegenungan adalah kawasan elok yang tidak akan pernah bisa terlupakan. Disinilah surga yang hilang itu ditemukan kembali. Banyak sobat travel yang berasal dari mancanegara mengunjungi tempat ini.

Tegenungan Waterfall / Air Terjun Tegenungan Bali

Nama asli dari kawasan ini adalah Air Terjun Srongsongan. Bisa dikatakan sebagai tegenungan lantaran, banyak sobat travel yang sering mengunjungi tempat ini dari jalur tegenungan. Sebenarnya, bisa juga melalui jalur Blangsinga, tetapi kawasan ini kurang popular.

Sesampainya di kawasan ini sobat travel akan disuguhkan dengan beberapa warung yang menjual berbagai macam souvenir yang menarik untuk di beli. Menariknya lagi, para pedagang di sini sering menawarkannya dalam bahasa inggris.

Mereka memang sangat fasih untuk berbahasa inggris. Satu hal yang membuat banyak sobat travel mancanegara datang mengunjungi mereka adalah tingkah laku para pedagang yang bersahaja dan bersahabat.

Mereka akan selalu tersenyum serta menjawab pertanyaan pengunjung dengan sangat ramah. Setelah puas menikmati berbagai macam souvenir dan mungkin membeli kain tenun khas bali. Saatnya menyiapkan tenaga untuk naik ke atas, melewati beberapa anak tangga .

Ya, sobat travel memang wajib menggunakan anak tangga ini menuju ke lokasi. Debit air yang dihasilkan di kawasan ini memang cukup deras. Apalagi, saat datang musim penghujan, debitnya akan lebih deras daripada ini.

Sumber dari air terjun tegenungan adalah sungai petanu. Dimana, air terjun ini sangat jernih. Di tambah dengan bebatuan yang hadir menambah eloknya kawasan ini. Pemandangan ini mampu merasuk ke dalam hati dan menghadirkan sebuah rindu yang tak terhindarkan.

Dahulu, kawasan ini sering mengadakan atraksi bungy jumping. Tetapi, sekarang sudah pupus dan hanya meninggalkan bekas tembok batu di masa lalu. Disini pula sobat travel bisa menikmatinya dengan berenang di air.

Tepatya di pinggir sungai dekat dengan pura yang berada di wilayah air terjun. Rasakan kesegaran maksimal saat air ini membasahi kulit. Atau sobat travel bisa berjalan dahulu sejauh 75 meter untuk menyaksikan keindahan asri air terjun tegenungan.

Kawasan ini memang paling cocok bagi sobat travel yang sedang dirundung duka. Lantaran pemandangan dan suhu udara yang sangat asri. Sangat tepat untuk mencari inspirasi dan jalan keluar. Berada disini seakan semua beban luruh seketika.

Jangan lupa untuk mengkosongkan memori card karena, setiap sudut yang hadir di tempat ini mempunyai keindahan. Jadi, sayang bila harus terlewatkan momen-momen yang mampu menghadirkan sebuah kenangan.

Baca juga: Tanah Lot Bali

Misteri Tegenungan Waterfall

Di balik keindahannya hadir pula sejumlah misteri yang membuat bulu kudu merinding dimana, saat foto akan tampak penanda atau pendeta yang ikut beraksi. Sudah banyak sobat travel mengalami kejadian seperti itu.

Selain itu masyarakat sekitar mempercayai bila tempat ini merupakan rumah penanda  gaib. Dimana, cerita ini hadir sejak nenek moyang zaman dahulu dan turun hingga sekarang. Lebih menakutkan lagi adalah tempat ini sering sekali memakan korban.

Dimana, banyak orang yang tiba-tiba, menghilang dan tenggelam. Jadi, sobat travel harus berhati-hati jangan lakukan hal-hal aneh disini. Hormati budaya dan larangan yang ada di kawasan ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Rute Lokasi Tegenungan Waterfall

Air terjun tegenungan terletak di desa kemenuh, kecamatan sukawati, kabupaten Gianyar, Bali. Menuju ke kawasan ini paling mudah dari pasar sukawati yang hanya menempuh jarak kurang lebih 4km.

Bila ingin mengunjungi kawasan ini sobat travel bisa memanfaatkan aplikasi map yang ada di smartphone. Dengan aplikasi, ini jalan menuju ke kawasan ini akan dipandu dan dijamin tidak akan nyasar.

Bila agak sulit dalam membaca peta, bisa bertanya ke penduduk sekitar. nama lain dari ari terjun ini adalah air terjun kemenuh. Jadi, jangan takut atau malu bertanya, karena bisa-bisa sesat di jalan, seperti sebuah peribahasa yang sudah di kenal.

Baca juga: Pantai Pandawa Bali

Harga Tiket masuk Tegenungan Waterfall

Untuk bisa menikmati kawasan ini, sobat travel harus membayar uang sebesar 15 ribu rupiah. ditambah dengan uang parkir sebesar 10 ribu untuk mobil dan 5 ribu untuk kendaraan bermotor.

Galeri Foto Tegenungan Waterfall

Tegenungan Waterfall
Tegenungan Waterfall
Tegenungan Waterfall
Tegenungan Waterfall
Tegenungan Waterfall

Inilah Indonesia, dengan berbagai macam pesona yang tiada habisnya. Termasuk air terjun tegenungan yang memiliki panorama elok bak lukisan orang-orang ternama. Kurang puas dengan tulisan ini, langsung saja buktikan keindahan dari Tegunungan Waterfall ini.

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"