Daftar 15 Makanan Khas Magelang Nikmat Serta Merakyat

5 min read

Daftar 15 Makanan Khas Magelang Nikmat Serta Merakyat 1

Magelang merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Letak kota ini berdekatan dengan kota Yogyakarata.

Dengan luas yang tidak terlalu besar, Magelang memiliki pesona dan daya tarik bagi wisatan. Dari pemandangan alam dan menjadi tempat berdirinya situs warisan terkenal dunia oleh UNESCO yaitu Candi Borobudur.

Tidak hanya itu saja, selain tempat wisatanya yang menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara, Magelang juga menyimpan banyak sekali kuliner khas yang layak kamu coba saat mengunjungi kota ini.

Kamu hanya perlu mengikuti jalan ke arah barat jika dari Yogyakarta untuk menuju Magelang. Jika kamu mengunjungi salah satu tempat wisata yang ada di Magelang, tak komplit rasanya jika tidak menyempatkan untuk mencicipi makanan khas Magelang.

Daftar Makanan Khas Magelang

Tertarik untuk mencicipi makanan khas Magelang? Berikut kami berikan daftar makanan khas Magelang yang sangat recommended.

1. Buntil Daun Talas

Buntil Daun Talas merupakan makanan khas Magelang yang harus kamu cicipi. Makanan ini merupakan makanan tradisional yang sudah jarang ditemui.

Pada umumnya di Jawa buntil dibungkus menggunakan daun pepaya. Nah di Magelang buntil sendiri dibungkus menggunakan daun talas. Untuk isian makanan ini terbilang sama dengan buntil pada umumnya, yaitu parutan kelapa, udang rebon, dan biji pete.

Daun talas yang digunakan untuk membungkus adonan tersebut dipilih yang paling muda untuk memberikan rasa segar. Karena makanan ini keseluruhan bisa untuk dimakan.

2. Nasi Lesah

Nasi lesah makanan khas Magelang yang mungkin belum banyak orang tahu. Makanan ini dalam sajiannya mirip dengan sajian soto pada umumnya, dan banyak yang menyebutnya soto Magelang.

Dalam satu porsi sajianya, makanan ini dihidangkan menggunakan piring dengan isian bermacam – macam makanan. Seperti suwiran daging ayam, kerupuk dan lain sebagainya.

Kuah yang ada pada makanan ini terbuat dari santan dengan bumbu – bumbu rempah sehingga memberikan rasa gurih. Warna dari kuah ini pun keruh seperti kuah pada opor karena campuran bumbu yang padu menjadi satu.

3. Mangut Lele

Mangut lele merupakan makanan khas Magelang yang sangat legendaris. Makanan ini sudah ada sejak jaman dahulu, jaman di mana Indonesia masih belum merdeka.

Makanan ini berbahan dasar ikan lele dengan kuah kuning dan santan. Diolah dengan berbagai bumbu rempah yang dihaluskan, memberikan rasa gurih pedas yang sangat sensasional.

Dalam pengolahanya makanan ini memamng membutuhkan waktu yang sangat lama, sekitar 1 hingga 2 jam. Lamanya proses memasak ditujuakan agar ikan lele menjadi empuk dan bumbu – bumbunya meresap dengan sempurna.

4. Nasi Goreng Magelangan

Mungkin makanan khas Magelang ini sudah tidak asing lagi dikalangan mahasiswa. Karena makanan ini sangat bersahabat dan sangat mudah dijumpai di warung – warung makan area kampus.

Nasi goreng magelangan sendiri juga mengambil nama dari kota asalnya dengan bahan nasi dan mie. Rasa nasi goreng sekilas memang tidak berbeda dengan nasi goreng pada umumnya.

Tapi yang memberikan perbedaan pada makanan ini adalah rasa gurih yang berasal dari kemiri. Dalam penyajianya biasanya diberikan tambahan seperti irisan mentimun, bawang goreng dan kerupuk.

5. Jemunak

Jemunak merupakan makanan khas tradisional Magelang. Makanan ini memang sudah jarang ditemukan. Biasanya dijajakan saat bulan rumadhan menjelang buka puasa.

Makanan ini sekilas seperti bubur sumsum, namun berbeda bahan dasar pembuatanya. Bahan yang digunakan adalah singkong, beras ketan, gula merah dan kelapa.

Rasa makanan ini pun kenyal dan manis, cocok sekali untuk dijadikan cemilan. Memang sedikit susah untuk mendapatkan makanan ini karena dalam penjualanya tidak pasti. Namun jika kamu beruntung biasanya dijajajkan dengan berjalanan kaki mengelilingi kampung oleh pedagangnya.

6. Kluban

Jika di kota lain disebut Urap, maka di Magelang di sebut dengan Kluban. Makanan ini memang mirip secara sajian dengan urap. Makanan ini sangat menyehatkan dan kaya akan serat karena berbahan dasar sayuran.

Sayuran utama yang digunakan adalah kangkung, dengan berbagai pelengkap seperti toge, kacang panjang rebus, wortel rebus dan kol rebus mempersedap rasa makanan ini.

Makanan yang satu ini memang cukup mudah untuk ditemui, biasanya di jual di warung – warung makan pinggir jalan yang juga menyediakan berbagai macam lauk seperti tempe goreng, tahu goreng dan telor goreng.

Baca Juga: Makanan Khas Jakarta

7. Sego Megono

Untuk makanan yang satu ini merupakan makanan khas Magelang yang sangat terkenal dan memiliki cita rasa yang sangat enak. Dibuat menggunakan bahan yang sederhana, namun memberikan rasa yang luar biasa.

Sego megono pada dasarnya adalah makanan yang berbahan dasar utama nasi putih yang di berikan bumbu dengan rempah seperti cabai, kencur, dan jeruk parut. Sehingga memakan nasinya saja sudah sangat enak dan kaya akan cita rasa.

Namun pada penyajiaanya, biasanya nasi megono disajikan dengan kluban atau tumis daun pepaya yang akan meberikan rasa lebih nikmat lagi. Makanan ini biasanya cocok disantap saat pagi hari untuk sarapan.

8. Sego Godog

Selanjutnya makanan yang terkenal adalah sego godog. Sesuai dengan namanaya, makanan ini merupakan olahan nasi yang direbus. Makanan ini tepat sekali jika dimakan pada malam hari untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.

Pengolahan nasi godog ini sendiri diberikan bumbu – bumbu untuk memperkuat rasa dengan memberikan rasa yang nikmat saat disantap. Dalam penyajianya makanan ini dilengkapi dengan mie, sayuran, dan kerupuk.

Rasa yang ditawarkan makanan ini adalah rasa gruih dan segar. Selain itu jika kamu suka rasa pedas, kamu juga bisa menambahkan sambal atau saus pedas.

9. Blendrang

Bledrang adalah makanan khas Magelang yang dengan mudah dijumpai di daerah Muntilan, tepatnya daerah gunung pring. Blendrang sendiri merupakan bubur nasi yang diolah dengan tambahan kuah dan berbagai macam isian.

Dalam penyajianya, Blendrang seperti sup krim yang memiliki kuah kental dan tekstur yang lembut. Dalam isianya ada berbagai macam daging, seperti daging ayam, sapi atau iga sapi.

Makanan ini pada awalnya hanya disediakan saat berbuka puasa saja di hari ramadhan. Namun masyrakat dan wisatawan yang datang meningkatkan permintaan akan makanan ini, maka setiap hari dengan mudah kamu dapat menjumpainya.

10. Gudeng Poncol

Gudeg pada dasarnya merupakan makanan khas Yogyakarta. Namun Magelang juga memiliki masakan gudeg di daerah Poncol yang tidak pernah sepi akan pembeli.

Seklias masakan ini terlihat sama dengan makanan gudeg khas Yogyakarta yaitu berbahan dasar nangka, dengan suwiran daging ayam kampung. Diolah dengan berbagai macam bumbu khas, maka gudeg ini memiliki rasa yang manis.

Dalam penyajianya biasanya kamu disajikan dengan tambahan lauk yang bisa kamu pilih sediri seperti semur telor, ceker ayam, kepala ayam, tahu bacem, sambal dan kerupuk.

11. Kupat Tahu

Cirebon juga memiliki makanan kupat tahu yang terkenal, namun sangat berbeda dengan olahan kupat tahu khas Magelang. Magelang menyajikan makanana kupat tahu yang berbeda dan sangat layak untuk kamu coba.

Kupat tahu khas Magelang disajikan dengan kuah bening dan bahan dasar yang berupa toge mentah. Sehingga memberikan cita rasa yang amat menyegarkan.

Jika kamu berkunjung ke Magelang dan ingin mencicipi makanan ini, jangat kaget jika semua rumah makan yang menjual makanan ini sangat ramai. Hal ini karena makanan ini memang menjadi daya tarik bagi siapa saja dan sangat terkenal.

12. Opor Enthok

Enthok atau sering juga disebut bebek manila merupakan bahan utama yang digunakan dalam makanan khas Magelang yang satu ini. Bisa dibilang jika makanan yang satu ini juga menjadi salah satu ikon kota Magelang yang sangat terkenal.

Makanan ini disajikan dalam porsi berkuah yang sangat kental. Dengan menggunakan kuah opor yang berwarna keruh dan kuning kecoklatan menciptakan cita rasa yang sangat khas.

Tidak hanya dari kuahnya saja yang memberikan cita rasa yang khas, namun dari daging enthoknya juga memberikan rasa yang sangat khas. Dalam penyajianya, biasanya opor enthok disantap dengan nasi putih hangat.

13. Sup Senerek

Sup Senerek merupakan makanan khas Magelang yang sangat unik. Di mana dulu pada sejarahnya mendapatkan pengaruh dari Belanda dan menjadi makanan populer di Magelang.

Makanan ini memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan sup-sup pada umumnya, berbahan dasar sayur mayur memberikan kesegaran saat disantap hangat atau pun dingin.

Pada penyajian sup ini bahan yang digunakan adalah bayam dan kacang merah dengan daging ayam atau sapi seperti sup pada umumnya. Jika kamu ingin merasakan kesegaran makanan ini saat di Magelang jangan lupa untuk menyempatkan mencicipi makanan ini.

14. Mangut Beong

Mangut Beong merupakan makanan khas Magelang yang berbahan dasar ikan beong. Ikan beong sendiri merupakan ikan air tawar yang menyerupai ikan lele namun memiliki ukuran lebih besar.

Berbeda dengan mangut lele dalam penyajianya, mangut beong biasanya disajikan hanya kepalanya saja. Untuk bumbu dan kuah sendiri sama dengan kuah yang ada di mangut lele.

Rasa yang dihasilkan juga sangat khas, yaitu gurih pedas susai dengan bumbu yang diolah bersamanya.

15. Tape Ketan Muntilan

Dan yang terakhir sebagai penutup daftar makanan khas Magelang adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar beras ketan. Makanan ini biasa digunakan sebagai oleh – oleh saat berkunjung ke Magelang.

Makanan ini terbuat dari beras ketan yang di fermentasikan sehingga menjadi lebih empuk dan memiliki rasa yang sangat khas. Penyajianya biasanya diberikan warna hijau dari pewarna alami makanan.

Makan ini memiliki keunikan dalam menyantapnya, yaitu bisa disantap langsung menggunakan emping melinjo, atau diseduh minuman tape dengan sedikit tambahan air hangat dalam penyajianya.

Siapa bilang kota kecil tidak memiliki sesuatu yang sepesial. Magelang buktinya, sebuah kota kecil yang menyimpan banyak sekali keistimewaan. Dari wisata hingga kuliner yang sangat khas.

Makanan khas Magelang sendiri banyak sekali diminati dan diterima oleh lidah orang Indonesia, dengan rasa yang pas dan nikmat, tak heran jika makanan khas Magelang sudah banyak dikenal seluruh masyarakat.

Demikian informasi makanan khas Magelang yang dapat kami rangkum. Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan referensi tentang kuliner nusantara yang kamu butuhkan.

error: Disable