Candi Ratu Boko Wisata Sejarah, Rute dan Harga Tiket Masuk

Candi Ratu Boko Wisata Sejarah, Rute dan Harga Tiket Masuk
5 (100%) 1 vote

Candi Ratu Boko – Berkunjung ke Jogjakarta belum terasa lengkap kalau kalian belum datang ke objek wisata candi, Jogja dikenal memiliki banyak candi diantaranya candi prambanan, candi ratu boko, candi sambisari, candi gebang, dan candi candi kecil lainnya.  Masing-masing candi memiliki keunikan sendiri  sendiri, dan kali ini kita akan berkunjung ke candi ratu  boko. Lokasi nya di desa bokoharjo kabupaten Sleman Yogyakarta. Berikut ini adalah Petunjuk arah ke candi dengan keberangkatan dari kota jogja.

Nama “Ratu Baka” berasal dari legenda masyarakat setempat. Ratu Baka (bahasa Jawa, arti harafiah: “raja bangau”) adalah ayah dari Loro Jonggrang, yang juga menjadi nama candi utama pada kompleks Candi Prambanan. Kompleks bangunan ini dikaitkan dengan legenda rakyat setempat Loro Jonggrang.

Istana / Candi Ratu Boko merupakan kompleks  yang luas, luasnya  mencapai 250.000 m. Kalian bisa membaca informasi mengenai candi di papan informasi yang ada di dekat gerbang pintu masuk. . Lokasi candi ini berada diatas bukit , jadi kita harus siapkan tenaga untuk menaiki puluhan anak tangga. Tipsnya adalah gunakan pakaian yang gak ribet dan alas kaki yang nyaman. Tapi jika kalian lelah telah disediakan kursi cantik disepanjang area tangga.

Apa yang bisa dilakukan ?

Setibanya diatas kalian akan melihat gapura pintu masuk istana yang masih berdiri kokoh. Kompleks Ratu Boko sendiri hanya memiliki sedikit bangunan candi utuh yang tersisa. Di bagian tengah dari kompleks ini kalian akan menemukan kolam pemandian, lapangan, candi pembakaran dan paseban. Suasana siang hari di candi ratu boko ini sangat asri dengan banyaknya pohon dan gazebo di areal candi, jadi kalian gak perlu takut kepanasan.

Dari salah satu bagian di Candi Ratu Boko ini,  jika kalian menghadap ke arah utara, kalian akan melihat pemandangan yang cantik berupa Kota Yogyakarta serta bisa melihat megahnya candi Prambanan dengan gunung Merapi sebagai latarnya , tapi sore hari menjelang sunset merupakan waktu yang pas untuk menikmati suasana disini, karena suasana sekitar candi menjadi eksotis dengan pantulan cahaya sore yang memantul dari batu_batu candi dan kalian bisa berfoto siluet dengan gapura candi sebagai latarnya. Saran saya datanglah ke candi ini pada hari kerja, karena sedikit sepi jadi kalian tidak berebut ruang di gapura untuk berfoto. Atau Kalian juga bisa sekedar duduk di rerumputan hijau sambil menyaksikan matahari tenggelam.

Galery Foto Candi Ratu Boko

sunrise ratu boko
foto by rt_organizer
sudut candi ratu boko
foto by shurya_dani
penampakan candi ratu boko
foto by putuutari
candi ratu boko
foto by ricosandeski

Harga Tiket Masuk

Berada di sebelah selatan candi prambanan, dengan tiket masuk dewasa Rp.40.000 dan anak -anak Rp.20.000 candi ini mudah ditemukan, ada banyak angkutan online maupun offline yang melewati candi ini. Kalian bisa berpatokan pada pasar prambanan, nah candi ini berada sekitar 2 kilometer ke arah selatan dari pasar. Atau lebih mudahnya jika kalian berencana mengunjungi candi Prambanan dan candi Ratu Boko dalam 1 hari kalian bisa membeli tiket terusan yang dijual di candi prambanan, jadi nanti ke candi Ratu Boko diantar menggunakakan mobil dari candi prambanan (hemat ongkos parkir kan?? Hehe)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.