Ngalam dan Hunting Foto Kece di Air Terjun Coban Putri

Diposting pada

Air Terjun Coban Putri adalah salah satu objek wisata alam di Kota Batu. Di sana kita bisa bersantai, selfie kece, dan uji adrenaline.

air-terjun-coban-putri-batu
via instagram.com/rikenspray
Jam Buka:09.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk:Rp. 10.000
Nomor Telpon:
Aktivitas:Bersantai, hunting foto, bermain
Waktu Terbaik:Jam 3 siang sampai jam 5 sore
Perlu Dibawa:Topi, air minum, kamera, pakaian ganti
Larangan:Dilarang membuang sampah sembarangan
Alamat:Desa Tlekung, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur
Fasilitas Umum:Area parkir, toilet, tempat ibadah, warung, gazebo, dll.
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Air Terjun Coban Putri adalah salah satu tempat wisata yang bisa kita kunjungi saat berlibur di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Tempat wisata yang memiliki dua air terjun ini kini mulai terkenal karena keindahannya dan adanya beberapa wahana lain yang disediakan pengelola.

Selain itu, air terjun atau orang Malang biasa menyebutnya coban ini, juga tidak membutuhkan biaya terlalu mahal untuk dimasuki.

Hanya berbekal beberapa ratus ribu saja, kita sudah bisa menikmati weekend yang nyaman di tengah suasana alam yang alami dan asri.

Nah sebelum berangkat, yuk, baca dulu ulasan lengkapnya berikut ini.

gambar-air-terjun-coban-putri
via instagram.com/7giths
wisata-air-terjun-coban-putri
via instagram.com/andriancha
lokasi-air-terjun-coban-putri
via instagram.com/destinasibatu
air-terjun-coban-putri-malang
via instagram.com/dikasaurus.id
air-terjun-coban-putri-tangan-dewa
via instagram.com/yoiki_malang
coban-putri-offroad
via instagram.com/fitriiasariiii
tiket-masuk-coban-putri
via instagram.com/sidoarjo_mboiz
air-terjun-coban-putri-gardu-pandang
via instagram.com/gotojatim

Sekilas Air Terjun Coban Putri

Air terjun ini berlokasi di jarak yang cukup dekat dari Coban Rais. Keduanya hanya dipisahkan jarak sekitar 1,5 kilometer saja.

Karenanya bagi yang sudah pernah ke Coban Rais, maka dipastikan tidak akan menemukan kesulitan berarti untuk sampai di lokasi air terjun ini.

Namun berbeda dengan Coban Rais yang menjulang tinggi, air terjun ini hanya memiliki ketinggian sekitar 35 meter.

Meski begitu, air yang mengalir dari atas cukup deras dan pesonanya juga tidak kalah dari Coban Rais.

Air terjun ini juga memiliki daya tarik tersendiri yang membedakannya dengan coban-coban lain yang ada di Kota Batu.

Salah satunya apalagi kalau bukan keindahan kawasan sekitarnya yang berselimut lembah dan aneka pepohonan hijau.

Selain itu, jika sudah bosan menikmati waktu santai di sekitar air terjun, kita juga bisa menjelajah ke beberapa wahana spot foto dan area playground.

Untuk spot fotonya sendiri, menurut beberapa pengunjung sangatlah menarik dan tidak malu-maluin saat di-share ke media sosial kita.

Sedangkan untuk wahana permainan, pengelola tempat wisata ini sudah menyediakan beberapa wahana salah satunya flying fox yang lintasannya melewati obyek air terjun.

Lalu di area lain, tersedia juga wahan permainan uji adreanaline berupa lintasan offroad yang bisa kita jelajahi menggunakan mobil offroad yang disediakan pengelola.

Detail Aktifitas

Memasuki kawasan Air Terjun Coban Putri kita akan langsung disambut oleh berbagai bentuk gardu pandang yang ditempatkan di area berbentuk taman.

Dari atas gardu pandang ini kita bisa menikmati indahnya bentangan lembah dan pepohonan hijau yang benar-benar masih sangat alami.

Gardu pandang ini juga sering dijadikan sebagai spot foto. Beberapa gardu pandang terlihat cukup unik misalnya gardu pandang berbentuk tangan raksasa dan gardu pandang berbentuk sapu terbang.

Dijamin kalau berfoto di atas kedua gardu pandang tersebut, gambar yang dihasilkan pastinya akan terlihat lebih menarik dan berbeda saat di-upload ke media sosial.

Selain itu di beberapa titik di area ini juga disediakan ayunan sebagai tempat santai sekaligus spot foto. Silahkan eksplore saja semuanya saat berkunjung ke sana.

Setelah berfoto dengan berbagai gaya di area taman dan gardu pandang, kita bisa lanjutkan untuk melihat wujud Air Terjun Coban Putri.

Lokasi air terjun dari area taman tadi tidak terlalu jauh, hanya beberapa meter saja.

Air terjun ini seperti yang kami paparkan di atas memiliki tinggi 35 meter dan lebar sekitar 3 meter. Di bawahnya ada sebuah bendungan kecil yang sepertinya sengaja dibikin sebagai penampung air.

Di sekitar bendungan itulah kita bisa berdiri menikmati indahnya hempasan air terjun. Atau kalau mau berfoto, kita juga bisa berfoto dengan latar air terjun sekaligus bendungannya.

Di sekitar air terjun juga ada beberapa fasilitas pelengkap kalau kita ingin menikmati waktu santai beberapa saat.

Selain bersantai di atas gazebo, kita juga bisa bersantai di sebuah warung kecil sambil menikmati secangkir kopi ataupun teh hangat.

Setelah puas menghabiskan beberapa menit di lokasi air terjun, kita bisa melanjutkan petualangan ke wahana permainan.

Dan yang tidak boleh dilewatkan bagi kita yang suka uji nyali, adalah bermain offroad melewati lintasan berkelok dan bergelombang sepanjang 2 kilometer.

Untuk mencoba sensasi offroad di tempat ini juga cukup murah karena kita hanya perlu mengeluarkan biaya tak sampai 50 ribu.

Jam Buka

Obyek wisata alam ini dibuka setiap hari dari jam 09.00 sampai jam 17.00 WIB.

Hari KunjunganJam Buka
Setiap Hari09.00 – 17.00 WIB

Rekomendasi waktu kunjungan terbaiknya ialah dari jam 3 siang hingga jam 5 sore dimana pada jam-jam ini pengunjung biasanya tidak terlalu ramai.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk yang harus dibeli untuk bisa memasuki kawasan wisata ini tidak terlalu mahal. Tiket masuknya dijual dengan harga Rp. 10.000 ditambah biaya parkir Rp. 3000 untuk sepeda motor dan untuk mobil sebesar Rp. 5000.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp. 10.000
Parkir MotorRp. 3000
Parkir MobilRp. 5000
Spot FotoRp. 10.000
Wahana OffroadRp. 35.000

Namun, di dalam ada beberapa wahana ataupun fasilitas yang berbayar salah satunya wahana offroad. Jadi siapkan saja dana yang cukup sebelum liburan ke sana.

Alamat dan Rute

Obyek wisata ini beralamat di Desa Tlekung, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Lokasinya seperti yang sudah kami tuliskan di atas hanya berjarak 1,5 kilometer dari Coban Rais.

Jika mengaksesnya dari pusat Kota Batu, maka kita akan menempuh perjalanan sejarak 5 kilometer melewati rute yang sama saat ke Coban Rais yaitu melalui jalan Oro-oro Ombo.

Ke tempat ini kita bisa menggunakan sepeda motor ataupun kendaraan roda empat. Jalanan ke lokasinya memang agak berkelok dan menanjak namun tergolong aman selama kita tetap berhati-hati saat berkendara.

Fasilitas Umum

Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas umum untuk memberi kenyamanan bagi para pengujung.

Fasilitas umum yang ada di sana antara lain :

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo
  • dan warung penjual makanan

Sementara untuk penginapan bagi pengunjung yang datang dari luar kota, bisa bermalam di beberapa penginapan berupa hotel ataupun villa yang tidak jauh dari lokasi wisata.

Beberapa tempat menginap yang direkomendasikan antara lain Khadeejah Homestay, Sedayu Homestay, Villa Puncak Pinus, dan Homestay Wijaya Kusuma.

Q&A

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan calon pengunjung :

Apakah spot foto nya berbayar ?

Iya. Biaya Rp. 10.000.

Apakah boleh mandi di sana ?

Boleh.

Apakah ada area camping ground ?

Ada.

Apakah aman untuk anak-anak ?

Aman. Di sana juga ada area bermain untuk anak-anak.

Dari parkiran ke lokasi air terjun berapa menit ?

15 – 20 menit.

Penutup

Air Terjun Coban Putri tidak kalah menarik dibandingkan dengan coban atau air terjun lain. Objek wisata ini bisa kita jadikan pilihan tamasya keluarga saat berkunjung ke Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *