Menikmati Bentang Alam Kapadokia Turki Dari Atas Balon Udara

5 min read

Menikmati Bentang Alam Kapadokia Turki Dari Atas Balon Udara 1

Kapadokia Turki merupakan destinasi wisata dunia yang menyuguhkan bentang alam unik khas bebatuan dan atraksi balon udara yang mengagumkan.

Jam Buka:24 jam
Tiket Masuk:
Nomor Telpon:
Aktivitas:Berkeliling, naik kuda, berfoto, naik balon udara
Waktu Terbaik: Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Visa, dokumen-dokumen
Larangan:Dilarang
Alamat:Anatolia Timur, Turki, Benua Eropa
Fasilitas Umum:Hotel gua, balon udara
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Kapadokia Turki merupakan salah satu destinasi wisata internasional yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Banyak destinasi yang bisa di pilih di negara ini seperti Kapadokia Turki.

Ketika mengunjungi objek wisata ini, kamu akan di bawa ke jaman Fred Flinstone seperti di jaman pra sejarah. Sejauh mata memandang kamu akan melihat tatanan batu yang membentuk formasi yang indah.

Berikut tim dolan yok akan memberikan gambaran tentang objek wisata ini. Setelah membaca artikel ini, kamu pasti ingin sekali pergi ke Turki

Sekilas Kapadokia Turki

Kapadokia terletak diwilayah Anatolia Timur, Turki. Kawasan ini adalah kawasan pedalaman yang berada di ketinggian 1.000 mdpl. Iklam di kawasan ini sangat kering dan panas pada musim panas namun bersalju pada musim dingin.

Terlepas dari suhu yang begitu kontras, kawasan ini sangat terkenal dengan formasi tatanan bebatuan yang sangan unik dan ikonik. Dengan ngarai dan lembahnya menjadikan pemandangan landscape yang sangat menawan.

Tidak hanya itu, disana kamu juga bisa melihat pemandangan balon udara yang berbagai macam warna yang mengiasi langit kota tersebut. Selain itu kota ini juga memiliki kota bawah tanah yang dahulunya sebagai tempat tinggal masyarakat setempat.

Bukan hanya pemandanganya yang indah, wilayah ini juga sangat kental dengan budayanya yang unik. Banyak wisatan dari seluruh dunia yang setiap tahunya mengunjungi koa ini. Kota ini juga ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu wisata warisan dunia karena keunikan kota tersebut sejarah, geologi dan juga budaya.

Sejarah

Dua milliar tahun yang lalu terjadi letusan gunung yang sanagat besar, yang megakibatkn seluruh wilayah itu tertutpi abu vilkanik. Dan tebalnya lava yang mengalir hingga memilii ketebalan ratusan meter.

Dengan struktur geografi yang memiliki lembah, dan banyaknya angin kencang yang menerpa dan hujan selama ribuan tahun, membentuk dan mengikis batuan batuan sehingga berbentuk seperti yang sekarang ini.

Pada era Herdotus, tempat ini tercatat memiliki wilayah dari Pegunungan Taurus ke wilayah Euxine (laut hitam). Kawasan ini pun menjadi tempat yang bersejarah karena terdapat kota dan goa bawah tanah yang pada zaman dulu dijadikan tempat persembunyian umat kristen sebelum agama Kristen menjadi agama yang diterima.

Keunikan

Kawasan ini merupakan satu-satunya yang ada di dunia. Hal unik yang dimiliki kawasan ini seperti berikut ini:

Dataran unik

Dataran ini yang terbentuk alami yang disebabkan oleh erupsi bebatuan vulkanik dan pengikisan yang terjadi karena angin dan hujan yang membentuk batuan seperti corong dan disebut “tuff”

Sifat batuan

Karena sifat batuan tuff yang lembut mebuat penduduk yang pertama tinggal disitu memahat batuan tersebut menjadi rumah, gereja dan tempat persembunyian. Pada zaman dahulu, tempat ini terkenal akan kudanya, sehinngga kawasan ini diberi nama Cappadocia. Hal tersebut yang diyakini pada saat itu berasal dari wilayah gunung dengan kuda yang indah. Dan menjadi nama Cappadocia hingga sekarang.

Balon udara

Setiap harinya langit kawasan itu dihiasi oleh ratusan balon udara yang terbang. Kamu tidak hanya bisa melihat, tetapi kamu juga bisa menaikinya untuk melihat seluruh pemandangan kawasan itu dari udara.

Kota bawah tanah

Kamu juga bisa menunjungi kota bawah tanah yang sangat indab ini. Dimana kamu disitu bisa menemukan searah yang terpahat di setiap dinding bangunan itu.

Gereja Goa

Tempat ini juga memiliki gereja yang unik, gereja yang dibangun didalam gua, karena tempat ini dijadikan tempat persembunyian pada saat itu, memungkinkan juga masyarakaat saat itu juga membangun tempat beribadahnya didalam gua.

Hotel goa

Kamu juga bisa merasakan sensasi bermalam dan menginap di hotel yang dindingnya terbuat dari batu asli dan masih bersatu dengan bukit.

Alamat

Kappadokia terletak di Anatolia Timur, Turki, Benua Eropa, tepatnya berada di negara Turki.

Objek Wisata Sekitar

Kota Kapadokia memiliki pemandangan unik yang eksotis dengan beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi. Biasanya jika kamu berwisata dengan menggunakan biro perjalanan, kamu akan mengunjungi objek wisata seperti di bawah ini:

Gerome Nasional Park

Julukan dari Kapadokia adalah Land of Fairy Chimney. Julukan tersebut diberikan karena kawasan ini berupa kawasan berbatu yang bentuknya seperti cerobong asal bahkan banyak yang berbentuk seperti piramida yang pipih.

Bebatuan tersebut pun digunakan oleh penduduk lokal sebagai tempat tinggal. Pemandangan ini bisa kamu temukan di dalam kawasan tanam nasional ini.

Gerome Open Museum

Jika mengunjungi Taman Nasional Gerome jangan lupa ke Gerome Open Museum. Kawasan ini merupakan kawasan gereja tua dan biara yang sudah dibangun pada abad ke tiga dan empat.

Terdapat sebelas gereja kuno yang memiliki arsitektur khas Gerome dengan pahatan batu putih. Di dalam gereja kuno ini kamu bisa meneukan banyak lukisan dengan warna-warni alami.

Pasabag

Kawasan ini sering dijuluki sebagai Fairy Chimney yang bermakna peri cerobong asap. Masyarakat sekitar percaya bahwa dahulunya kawasan ini dihuni oleh peri-peri yang berada di bawah tanah.

Love Valley

Kawasan ini berupa lembah yang gersang karena memiliki curah hujan yang sangat jarang. Uniknya di kawasan ini kami akan melihat bebatuan yang berbentuk pilar-pilar yang menjulang tinggi. Bebatuan tersebut terbentuk akibat erupsi gunung berapi purba.

Kota Derinkuyu

Kawasan ini sangat unik karena memiliki landscape yang seperti permukaan bulan. Kota ini merupakan salah satu kota bawah tanah di Kapadokia yang terbesar. Kota ini pun mampu menampung 20.000 orang dan hewan ternak mereka.

Cave Hotel

Jika ke Kapadokia kamu wajib mencoba bermalam di hotel tradisional yang berada di dalam gua.

Hot Air Ballon

Wisata paling terkenal di Kapadokia adalah wisata balon udara. Dari atas balon ini kamu bosa melihat pemandangan unik Kapadokia dari atas.

Uschsiar Castle

Uschsiar Castle adalah sebuah istana batu yang berada Kapadokia. Kawasan ini merupakan kawasan yang mendominasi dari Kapadokia.

Guray Museum

Museum ini berada di Avanos Turki yang memiliki bangunan super spektakuler. Ruangan ini bergaya kuno namun memiliki keramik yang sangat modern.

Nah jika kamu ke Kapadokia liburanmu belum lengkap jika tidak mengunjungi objek wisata di atas tersebut. Agendakan liburanmu di semua objek wisata spektakuler tersebut.

Perkiraan biaya liburan

Agar kamu lebih mudah untuk membuat estimasi biaya, perlu kamu ketahui jika disana menggunakan mata uang TL (Turkish Lira). Nilainya jika 1 TL sama dengan Rp. 3.397,-. Nah kamu tinggal menalikan saja apa yang jadi kebutuhan mu disana.

Hal terpenting sebelum berangkat ke Turki adalah menyiapkan VISA. Untuk biaya visa resmi Turki adalah 25 USD, atau setara 345 ribu rupiah untuk single entry, dan harga tersebut belum include service fee.

Selanjutnya kamu bisa melanjutkan penerbangan dari Indonesia ke Turki, kamu bisa langsung memilih pendaratan di Istanbul. Untuk tiket pesawat Indonsia ke Turki/Istanbul mulai dari 8,8 juta. Harga tersebut bisa mengalami perubahan tertanggung ketetapan dari maskapai.

Setelah sampai di Istanbul, kamu bisa menggunakan bus dengan biaya sekitar 80 TL dan memkan waktu 12-13 jam. Kamu juga bisa memilih menggunakan pesawat seperti, Kayser atau Nevsehir dengan biaya sekitar 500 ribuan, hanya berbeda sedikit dengan tarif bus. Jika kamu menggunakan pesawat kamu bisa lebih menghemat waktu.

Selama disana kamu juga mencoba menggunakan transportasi bus jika kamj hendak mengunjungi tempat-tempat lain. Hanya dengan biaya kurang lebih 2 TL jauh maupun dekat.

Dan untuk makanan hampir sama dengan Indonesia. Hanya saja jika kamu memilih makan di kawasan ibu kota harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan tempat pelosok, sekiranya kamu memerlukan biaya sekitar 6-10 TL jika kamu ingin makan di kawasan ibu kota.

Paket Wisata Balon Udara

Jika kamu hendak menaiki wahan balon udara, kamu bisa menggunakan jasa tour dengan biayanya juga bervariatif sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh para jasa tour. Harganya berkisar antara 200-250 USD, atau sekitar 2,8 juta – 3,5 juta per orang, yang diisi 16-20 orang.

Kamu juga bisa memilih paket privat tour, yang 1 balonnya hanya berisi 1-2 orang. Yang tentunya harga yang ditawarkan lebih mahal. Untuk sebagian wisatawan, harga yang ditawarkan mungkin terkesan mahal, akan tetapi dengan harga yang ditawarkan kita sudah mendapatkan jaminan keamanan dalam mengudara.

Pilot yang menerbangkan balon pun juga sudah memiliki seritifikat terbang.

Tips berwisata

Jika kamu ingin mendapatkan liburan yang menyenangkan, kamu bisa menerapkan tips berikut ini:

  • Kamu harus bangun pagi, karena balon hanya mengudara menjelang matahari terbit.
  • Datanglah saat musim panas, yaitu antara bulan November-Mei karena cuaca dikawasan itu sangat dingin. Jika kamu datang tidak tepat waktu, kamu pasti akan mengubur impianmu menaiki balon udara tersebut.
  • Sangat disarankan untuk menginap, karena jika hari ini kamu gagal menaiki balon, kamu bisa mencobanya esok paginya.
  • Patuhi seluruh aturan yang di sampaikan pemandu karena keselamatan menjadi nomer satu.
  • Kamu harus pintar-pintar memilih operator balon udara. Kamu harus bisa memilih harga yang pas, safety air, dan jam terbang pilotnya.

Dan jangan lupa untuk belajar sedikit bahasa Turki agar bisa menawar berbagai kebutuhan mu selama di sana.

Penginapan

Jika kamu melakukan perjalan solo atau tidak mengikuti paket wisatas, kamu ingin beristirahat, kamu bisa memilih salah satu penginapan didaerah situ. Penginapan tersebut seperti Gmaresu Cave Hotel, Grand Cappadocia Hotel, Artemis Cave Suites, yang semuanya terletak dikawasan Goreme.

Berkunjung kesuatu negara tidak lengkap tanpa menikmati kuliner khas negara tersebut, seperti di turki dengan makanan khasnya. Pilihan rumah makan tersebut seperti Cappadocia Steak House, Art Rock Restaurant, dan cancan cafe Restaurant.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa informasi terkait liburan di Kapadokia Turki.Sebelum berangkat kamu harusnya memperhatikan semua hal bahkan dari hal-hal kecil.

Hal tersebut dimaksutkan untuk membuat liburanmu terencana, aman dan lancar. Jangan buat liburanmu kacau dengan tidak memperhatikan hal mulai dari keberangkatan, penerbangan, akomodasi dan destinasinya ya. Karena trip ini merupakan trip mahal dan mewah yang kan berkesan di hidupmu.

Misteri dan Sejarah Wisata Benteng Van der Wijck Kebumen…

Benteng Van der Wijck Mempelajari sejarah, foto selfie Jam Buka 08.00–16.00 Harga Tiket Rp. 25.000 Kontak 0838-6395-8047 Penginapan – Alamat Jalan Sapta Marga No. 100, Sidayu, Gombong,...
Pandawa Eksa
34 sec read
error: Disable