Melihat Gunung Krakatau Gunung Maha Dahsyat Di Selat Sunda

3 min read

Melihat Gunung Krakatau Gunung Maha Dahsyat Di Selat Sunda 1

Gunung yang pernah meletus dengan dahsyatnya kini menyisakan pemandangan alam dan bawah laut yang menawan ialah Gunung Krakatau.

Jam Buka:24 jam
Tiket Masuk:
Nomor Telpon:
Aktivitas:Melihat pemandangan, mendaki, snorkelng
Waktu Terbaik: Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Topi, air minum, ransel, kamera, pakaian ganti
Larangan:Dilarang mendekati gunung dan mendaki gunung tanpa izin pihak yang berwenang
Alamat:Gunung Krakatau, Selat Sunda, Indonesia
Fasilitas Umum:Penginapan, rumah makan, sewa peralatan snorkeling, perahu
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Siapa yang tidak mengenal gunung ini, gunung yang berada di Selat Sunda dan memiliki sejarah letusan yang maha dasyat.

Dibalik sejarah letusanya, gunung ini menawarkan pesona pemandangan yang sanagat indah. Ya gunung yang memiliki tinggi 230 mdpl ini telah menarik banyak wisatawan setiap tahunya.

Kamu pasti tahu dong gunung apakah itu, yap Gunung Krakatu. Bagaimana keseruanya menjelajahi gunung tersebut, simak artikel dibawah ini.

Sekilas Gunung Krakatau

Gunung Krakatau adalah gunung vulkanik yang masih aktif sampai saat ini. Gunung ini juga sudah dikenal seluruh dunia, tidak hanya sejarahnya saja, namun dengan pesona alam dan bawah laut yang dimilikinya.

Gunung yang terletak di Selat Sunda ini memang menjadi daya tarik wisatawan. Gunung yang sangat berbahaya namun bisa juga untuk dijadikan destinasi wisata yang sangat menarik. Pada umumnya gununi ini pun merupakan cagar alam, yang dilindungi oleh pemerintah.

Sejarah

Menurut catatan dari buku jawa kuno, dahulu pada masa purba, di Selat Sunda (nama saat ini), terdapat sebuah gunung yang sangat besar. Gunung tersebut meletus dan membentuk sebuah kawah besar atau kaldera dan gunung itulah yang menjadi induk gunung ini yang pernah meletus pada tahun 1883.

Pada 27 Agustus 1883 letusan maha dasyat gunung ini terjadi. Erupsi ini mengakibatkan dua per tiga bagian dari dari gunung itu pun runtuh dan menghancurkan pulau pulai kecil yang berada disekitarnya.

Hujan abu panas turun di Banding, Kecamatan Rajabasa, Lampung juga menewaskan kurang lebih 1000 orang. Saking dahsyatnya letusan saat itu, sampai menimbulkan tsunami, suara letusanya pun sampai terdengar dalam radius 3.110 km.

Letusan tersebut terdengar di Perth, Australia Barat dan ke Rodrigues Mauritius. Daya ledak gunung ini diprediksi 30.000 kali lipat dari bom atom yang memporak-porandakan Hirosima dan Nagasaki. Kejadiaan itupun memakan korban jiwa sebanyak 36.417 jiwa. Namun banyak sumber yang melaporkan jika korban jiwa pad asaat itu sebanyak 120 ribu jiwa.

Kapal-kapal yang berlayar jauh ke Afrika Selatan juga melaporkan bahwa merka mendengar suara letusan itu dan merasakan guncangan tsunami itu. Kejadian itu pun sampai sempat merubah iklim global. Beberapa bagian dunia pun sempat gelap selama dua hari karena abu vulkanik yang menutupi atsmofir.

Setelah tragedi meletusnya gunung ini munculah anak Gunung Krakatau, cucu dari Gunung Krakatu Purba. Gunung ini pun juga masih sangat aktif, dan dilaporkan mengalami pertumbuhan setiap tahunya. Saat ini gunung tersebut memiliki tinggi 230 mdpl, dan masih akan terus bertambah disetiap tahunya.

Daya tarik

Terlepas dari sejarah yang mengerikan akibat letusanya, berapa besar kerusakan dan berapa banyak korban jiwanya. Gunung ini terlihat sangat gagah dan eksotis dalam satu waktu.

Tidak hanya pemandangan alamnya, tetapi pemandangan bawah lautnya yang sangat istemewa. Karena kawasan tersebut bekas letusan gunung vulkanik, menjadikan alam bawah laut sangat subur dan di tumbuhi biota laut yang beraneka ragam. Hal tersebut juga berlaku untuk alam disekitarnya.

Pendakian

Gunung ini memang sangat berbahaya, namun kita masih bisa melakukan pendakian dengan didampingi pemandu yang sudah sangat berpengalaman. Setelah itu kita bisa menikmati pemandangan dari atas gunung yang sangant bagus.

kapal wisata

Kamu bisa mengelilingi gunung ini dengan menggunakan kapal wisata yang ada disana. Biasanya kapal ini desewa oleh para wistawan untuk berkeliling, untuk biayanya pun berfariatif sesuai dengan seberapa banyak yang isi dalam kapal.

Snorkling

Nah untuk yang satu ini yang paling diminati oleh para wistawan. Bagaimana tidak, dengan keindahan yang ditawarkan dan keindahan yang hakikki pemberian Tuhan yang dibut alami oleh alam. Banyak sekali wisatawan yang melakukan snorkeling. Tidak hanya itu, dibawah laut dengan biota yang indah dan ikan nya yang berwarna warni menjadikan obat sakit mata anda.

Cara Menuju

Jika berasal dari Pulau Jawa, kamu bisa menuju ke Pelabuhan Merak dan meyeberang ke Pelabuhan Bakauheni Lampung. Kurang lebih penyeberangan memakan waktu  selama 3 jam.

Selanjutnya kamu harus menuju ke Pelabuuhan Canti yang terletak di Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Pelabuhan ini menjadi pintu masuk ke wisata Krakatu. Dan setelah kamu tiba di gunung inikamu bisa mengunjungi tempat manapun yang ada disana.

Baca Juga: Gunung Rinjani

Estimasi biaya

Kamu bisa menggunakan jasa paket tour dan travel jika hendak kesana, karena menurut saya menggunakan jasa tour dan travel lebih memudahkan kamu untuk menuju kesana.

Paket Wisata Dari Pelabuhan Merak

Jika dari pelabuhan merak oaket yang ditawawrkan adalah:

Peserta minimlal 30 orang, per orang dikenakan baiaya Rp 460.000,-

Fasilitas yang akan kamu dapatkan dari paket wisata ini adalah

  • Penginapan di Pulau Sebesi
  • Peruhu Jelajah Untuk 2 hari
  • Tiket Ferry Merak – Bakauheni pp
  • Mobil antar jemput
  • Gratis pelampung selama 2 hari
  • Makan sebanyak 4x
  • Simaksi gunung krakatau
  • Pemandu wisata
  • Tour leader
  • Rangger krakatau
  • Foto selama wisata
  • Booklet wisata
  • Air mineral
  • Barbeque satu kali
  • Biaya tiket Pulau Umang-Umang

Spot yang kamu bisa kunjungi

  • Gunung Krakatau
  • Pulau Sebuku Kecil
  • Pulau Umang-umang
  • Lagoon Cabe

Haraga diatas belum termasuk biaya snorkel dan sewa alat berenang kaki kakat, jika kamu ingin melakukan snorkel dan menyewa perlengkapanya kamu perlu menambah biaya sebesar Rp 45.000,-/orang untuk snorkel, dan Rp 30.000,- untuk kaki katak.

Alamat

Secara geografis, gunung krakatau terletak di selat sunda, antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Jika kamu ingn menginap di Hotel yang terdekat dengan Krakatau kamu bisa menginap di Novus Jiva Anyer, yang berjarak 47,5 km, Aston Anyer Beach Hotel, yang berjarak 48,2 km, atau di Tanjung Lesung Beach Hotel yang berjarak 49,4 km.

Jika kamu ingin mancari rumah makan biasnaya ditempat wisata itu banyak kita jumpai makanan, hanya saja jika kamu ingin mencari rumah makan terdekat dari sini harus menyeberang dahulu seperti, Rumah makan Simpang Raya Krakatau, RM Bukit Tinggi, atau Rumah Makan siang Malam, yang semuanya terletak di Kabupaten Lampung selatan.

Q & A

Berikut adalah daftar pertanyaan yang berkaitan objek wisata gunung ini:

Kesimpulan

Gunung Krakatau ini adalah gunung yang berbahaya juga mempesona, dengan pemandangan yang sangat luar biasa, tersimpan ancaman yang sangat luar biasa.

Jika kamu hendak kesana sebaiknya selalu waspada dengan terus mengikuti arahan dari pemandu.

error: Disable