Berburu Foto dan Menikmati Segarnya Udara di Kamojang Ecopark Garut

Diposting pada

Kamojang Ecopark, salah satu wahana baru yang kini melengkapi khazanah wisata Garut. Di sana kita bisa bersantai, berburu foto, bermain wahana dan mencoba aneka menu kuliner.

kamojang-ecopark-garut
via instagram.com/tiaseptiantii
Jam Buka:08.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk:Rp 17.000
Nomor Telpon:
Aktivitas:Bersantai, hunting foto, bermain, kulineran, dll.
Waktu Terbaik:Siang hari
Perlu Dibawa:Jaket, kamera, dll.
Larangan:Dilarang membuang sampah sembarangan
Alamat:Jalan Samarang Garut, Cisarua, Kec. Samarang, Garut, Jawa Barat
Fasilitas Umum:Area parkir, toilet, mushola, cafe, rumah makan, penginapan, dll.
Akses Jalan:Kurang memadai. Masih banyak lubang (Gunakan sepeda motor)
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Salah satu tempat wisata di Garut yang bisa dijadikan alternatif adalah Kamojang Ecopark. Untuk kamu yang suka berfoto dan membagikannya di akun media sosial mu, tempat ini bisa jadi target berburu foto-foto cantik.

Selain itu di tempat ini masih ada daya tarik lain yang membuatnya layak untuk dikunjungi. Bagi kamu yang penasaran dengan tempat melancong yang satu ini, silahkan baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sekilas Kamojang Ecopark

Kaum milenial di Kota Garut kini tidak perlu jauh-jauh ke Bandung atau ke kota-kota lainnya untuk mencari tempat wisata kekinian yang menyediakan spot foto.

Sebab saat ini, di kota mereka juga sudah ada obyek wisata baru yang dibangun mengikuti hobi para milenial yang suka hangout dan gila foto. Tempat ini bernama Kamojang Ecopark.

Obyek wisata yang dibangun pada awal tahun 2018 ini menyuguhkan kawasan wisata dataran tinggi yang berhawa sejuk dengan view cantik khas pegunungan. Di dalamnya kamu bisa bersantai, hunting foto, bermain wahana hingga menikmati aneka sajian kuliner.

Daya Tarik

Sajian utama yang disuguhkan untuk para wisatawan di tempat ini adalah keindahan pohon pinus yang berjejer rapi di area lapang yang cukup luas.

Keindahan tersebut makin sempurna dengan sejuknya udara Gunung Kamojang yang menjadi terapi alami untuk mengusir kepenatan.

Selain itu masih ada daya tarik lain yang menjadi magnet bagi para wisatawan untuk liburan ke tempat ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Wahana Permainan

Meski tidak selengkap wahana permainan di tempat wisata lain, namun di tempat ini sudah tersedia beberapa wahana yang cukup menarik dan sayang kalau dilewatkan.

Di sana sudah ada penyewaan ATV, flying fox, sepeda terbang, extrem swing, hingga ayunan.

Flying fox yang ada bahkan diklaim sebagai yang terpanjang dengan lintasannya yang mencapai 250 meter. Untuk mencoba flying fox ini, kita harus membayar tiket wahana sebesar Rp. 30.000.

Selain wahana permainan untuk orang dewasa, di sana juga tersedia wahana permainan khusus anak. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau datang bersama anak-anak.

Spot Selfie

Tempat ini punya banyak spot foto cantik yang akan menjadikan feed Instagram kamu makin berwarna.

Selain bisa berfoto dengan latar jejeran pohon pinus yang eksotis, kamu juga bisa berfoto di spot gardu pandang berlatar lembah hijau, ayunan, balon udara, sangkar burung, hingga spot foto yang dinamakan gerbang langit.

Kamu bahkan bisa berfoto ala Jepang menggunakan busana Kimonon yang bisa disewa langsung di lokasi.

Untuk calon pengantin yang ingin mengambil foto prewedding, tempat ini juga bisa dijadikan lokasinya di mana suasannya yang alami akan membuat foto prewed terlihat lebih istimewa.

Untuk foto prewed kamu bisa pilih area pohon pinus ataupun taman bunga matahari sebagai background-nya.

Oh ya, bagi yang ingin mencoba spot balon udara harus menyiapkan biaya sewa sebesar Rp. 10.000.

Semantara bagi kamu yang kebetulan tidak bawa kamera atau tidak pede dengan kualitas kamera smartphone-mu, untuk berfoto kamu bisa menggunakan jasa tukang foto yang tersedia di tempat ini.

Kuliner

Setelah puas meng-eksplore semua wahana permainan dan spot foto yang ada, sebaiknya isi dulu perut kamu agar tenaga kembali terisi dan badan kembali fit.

Di tempat ini ada banyak warung atau rumah makan yang menjual berbagai menu kuliner khas Garut dan Jawa Barat mulai dari ayam geprek, sate meranggi hingga mie rebus.

Dan yang tidak boleh terlewatkan adalah sajian kopi Kamojang nya yang khas dan akan sangat nikmat saat diminum di tengah hawa dingin.

Lalu bagi kamu yang menginginkan sensasi yang lebih unik, cobalah untuk menyantap makanan di rumah makan berbentuk rumah pohon. Konsepnya yang alami dan terkesan tradisional akan menghadirkan sensasi yang sangat eksklusif.

Jam Buka

Obyek wisata ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

HariJam Buka
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Disarankan agar berkunjung pada siang hari karena pada pagi atau sore hari, kawasan wisata ini biasanya akan tertutup kabut sehingga kurang maksimal untuk mengambil foto.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini bisa dikatakan cukup terjangkau. Tiketnya dijual seharga Rp. 17.000 dan kita akan mendapatkan satu botol minuman gratis.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp. 17.000
Flying FoxRp. 30.000
Replika Balon UdaraRp. 10.000
Parkir MotorRp. 5000
Parkir MobilRp. 10.000

Sementara di lokasi parkir kita juga harus membayar retribusi sebesar Rp. 5000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Alamat

Lokasi tempat wisata ini berada di pinggir jalan yang menghubungkan Samarang – Kamojang. Tepatnya kamu bisa berpatokan pada gerbang batas wilayah Garut – Bandung untuk menemukan lokasinya.

Sementara mengenai alamat lengkapnya, tempat ini beralamat di Jalan Samarang Garut, Cisarua, Kec. Samarang, Garut, Jawa Barat.

Disamping itu di sekitar tempat wisata ini juga ada beberapa obyek wisata lain yang bisa kamu jadikan patokan ataupun kamu singgahi.

Beberapa yang terkenal yaitu obyek wisata Kawah Kamojang, Kebun Mawar Situhapa, Penangkaran Elang Jawa dan Kampung Sampireun.

Kawah Kamojang sendiri jaraknya hanya sekitar 2 hingga 3 kilometer saja dari Kamojang Ecopark. Kawah ini adalah salah satu tempat wisata yang cukup populer di Garut sehingga tidak ada salahnya kalau kamu juga berkunjung kesana.

Yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke tempat ini kamu harus benar-benar mempersiapkan kondisi kendaraan dan fisik kamu.

Alasannya karena akses jalan ke lokasi wisata agak menanjak dan curam sehingga butuh mesin yang tangguh dan konsentrasi penuh saat melewatinya.

Baca juga : Wisata keluarga Sabda Alam Garut

Fasilitas Umum

Obyek wisata ini sudah didukung dengan fasilitas umum yang biasanya akan kita temukan di tempat-tempat wisata. Fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain:

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Camping Ground
  • Penginapan

Fasilitasnya memang masih standar dan kurang lengkap karena mungkin masih dalam proses pembangunan.

Kurangnya fasilitas ini memang menjadi keluhan beberapa pengunjung terutama fasilitas toilet dan mushola nya yang dikatakan kurang bersih dan terawat.

Sementara untuk akomodasi penginapan, selain di area camping ground kamu juga bisa menginap di beberapa hotel salah satunya Kamojang Green Hotel & Resort.

Q&A

Berikut adalah beberapa Q&A seputar Kamojang Ecopark:

Apakah bisa untuk acara gathering?

Bisa saja. Di sana sudah ada area camping dan area outbound juga.

Untuk rombongan keluarga besar apakah ada rumah makan atau restoran?

Di lokasi masih belum ada. Tapi di bawah ada rumah makan Rai Raka yang bisa menampung pelanggan dalam jumlah banyak. Lokasinya di dekat Masjid Agung Samarang.

Apakah ada penyewaan hammock?

Ada.

Untuk prewed apakah ada biaya tambahan?

Sepertinya cukup bayar tiket masuk saja. Tapi lebih jelasnya silahkan kontak pengelolanya saja.

Apakah boleh bawa kamera DSRL ke dalam?

Boleh. Bahkan bawa Drone juga boleh.

Penutup

Kamojang Ecopark bisa dijadikan tujuan utama ataupun destinasi alternatif bagi kamu yang kebetulan melintas di jalan Samarang – Kamojang. Terlebih lagi bagi kamu yang memang suka berfoto, maka jangan lupa mampir dan meng-eksplorespot fotonya.

Gambar Gravatar
Hallo. Perkenalkan, saya Zanki. Fans berat FC Barcelona dan penikmat alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *