Fakta dan Sejarah Museum Sang Nila Utama, Jam Buka + Peta Lokasi

Diposting pada
Fakta dan Sejarah Museum Sang Nila Utama
Fakta dan Sejarah Museum Sang Nila Utama, Jam Buka + Peta Lokasi 1
Benda sejarah, minatur rumah adat, benda ghoid, dll
Jam Buka 08.00 – 16.00
Harga tiket Rp. 5.000
Kontak
Penginapan Hotel Drego Pekanbaru, Sabrina Wisma 45, Tjokro Hotel Pekanbaru
Alamat Jl. Sudirman, Pekanbaru, Indonesia

Peta Lokasi Museum Sang Nila Utama

Pekan baru memiliki museum yang berada di pusat kota. Museum ini adalah Museum Sang Nila Utama. Museum ini ada pada tahun 1975, namun pada masa itu masih dalam bentuk bangunan biasa belum memiliki banyak koleksi budaya, dan pada tanggal 09 Januari 1991 resmi dijadikan sebagai museum negri pekanbaru. Pada museum ini banyak sekali koleksi peninggalan kerajaan melayu, peninggalan benda benda sakti dan peninggalan pahlawan riau yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Negara republik Indonesia.

[spoiler title=’Galeri Foto Museum Sang Nila Utama | klik untuk membuka’ style=’reede’ collapse_link=’false’]

Fakta dan Sejarah Museum Sang Nila Utama, Jam Buka + Peta Lokasi 2 Fakta dan Sejarah Museum Sang Nila Utama, Jam Buka + Peta Lokasi 3 Fakta dan Sejarah Museum Sang Nila Utama, Jam Buka + Peta Lokasi 4 Fakta dan Sejarah Museum Sang Nila Utama, Jam Buka + Peta Lokasi 5 Fakta dan Sejarah Museum Sang Nila Utama, Jam Buka + Peta Lokasi 6 Fakta dan Sejarah Museum Sang Nila Utama, Jam Buka + Peta Lokasi 7

[/spoiler]

Museum Sang Nila Utama adalah salah satu museum Pekanbaru yang punya ribuan koleksi benda-benda bersejarah di dalamnya. Museum tersebut telah diresmikan oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Indonesia yakni Prof. Dr. Edi Setiawati pada 9 juli 1994. Museum ini dapat Anda jadikan sebagai alternative wisata di Pekanbaru. Selain itu, Anda juga dapat menambah ilmu seputar sejarah melayu yang ada di Provinsi Riau.

Nama Sejarah Sang Nila Utama tersebut berasal dari nama seorang pangeran sriwijaya yang telah menjadi raja Bintan serta pendiri kerajaan Singapura pada tahun 1922 yang lalu. Dulunya Riau merupakan pusat kebudayaan serta pernah berada di puncak kejayaannya sebagai kerajaan besar di Nusantara.

Bentuk bangunan ini bergaya arsitektur rumah tradisional Melayu. Pada halaman depan terdapat koleksi yang besar, yakni miniature alat pengeboran minyak, sumbangan dari perusahaan minyak Chevron. Sedangkan di halaman belakang museum terdapat kerangka ikan paus.

Di Museum Sang Nila Utama, ada banyak benda bersejarah mulai dari barang pusaka serta berbagai hal menarik lainnya. Ada tiga lantai yang dapat Anda jelajahi. Pintu masuknya berada di lantai dua. Pada lantai tersebut, Anda akan disambut oleh resepsionis yang akan mempersilahkan untuk mengisi buku tamu yang tersedia. Anda juga dapat ditemani oleh guide yang ada di museum ini jika ingin memperoleh info lengkap mengenai benda-benda bersejarah di dalam museum tersebut.

Mulai dari sebelah kiri dan masuk ke lantai satu museum ini terdapat banyak rumah adat, alat musik, hewan-hewan yang ada di hutan Riau dan sebagainya. Kemudian naik ke lantai dua, selain ada pintu masuk, di sebelah kanan dan kiri terdapat sejarah tentang sejarah terbentuknya Provinsi Riau serta eksplorasi minyak yang terjadi di Riau dan para gubernur yang pernah menjabat pada masa itu. Pada lantai tiga terdapat berbagai koleksi peninggalan kerajaan yang banyak mendominasi, seperti mahkota Kerajaan Siak. Mahkota tersebut menunjukkan bahwa pada zaman dahulu tempat ini dihuni oleh berbagai kerajaan yang berjaya di masanya.

Pada bagian belakang museum tersebut,terdapat taman mini dan pendopo yang biasa dijadikan sebagai tempat istirahat bila ada kunjungan dari sekolah ataupun grup besar, nama taman ini adalah taman gemala. Di taman ini ada beberapa pondok kecil yang diletakkan beberapa mesin yang digunakan pada zaman dahulu seperti mesin tebu, mesin padi, dan sebagainya. Taman tersebut juga sangat asri sebab dipenui dengan pepohonan yang asri.

Wisata Sejarah Riau ini sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pengunjungnya tak hanya dari dalam negeri saja, wisatawan asing juga banyak berkunjung ke museum yang satu ini. Mulai dari wisatawan Malaka, Malaysia, Jepang, Amerika, dan Negara lain juga berkunjung ke tempat tersebut dengan berbagai kebutuhannya, ada juga yang sekedar berkunjung, dan ada pula yang sedang melakukan penelitian juga.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Sang Nila Utama

Bagi Anda yang ingin ke tempat ini, Anda dapat berkunjung pada jam buka museum tersebut. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya gratis, tanpa harus mengeluarkan biaya, Anda sudah bisa menikmati wisata sejarah ini.

Peta Lokasi Museum Sang Nila Utama

Bagi Anda yang ingin pergi ke wisata sejarah tersebut, Anda dapat menggunakan banyak pilihan transportasi. Jika Anda merasa kesulitan menuju lokasi wisata sejarah ini, maka Anda bisa memilih untuk menggunakan bantuan aplikasi google maps. Untuk lokasi museum yang satu ini, tepatnya berada di Jalan Jendral Sudirman No. 194. Berseberangan dengan kantor DPRD Riau, dan bersebelahan dengan gedung taman budaya Riau. Lebih lengkapnya, Anda bisa melihat lokasi tersebut di Google Maps berikut.

Tertarik dengan wisata sejarah Pekanbaru ini? Anda dapat berkunjung ke museum sang nila utama ini untuk mendapat pengetahuan sejarah dari tempat ini.

Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *