Curug Nangka Sebuah Keindahan Di Kaki Gunung Salak Bogor

4 min read

Curug Nangka Sebuah Keindahan Di Kaki Gunung Salak Bogor 1

Salah satu curug di Bogor yang masih eksotis dengan akses jalan yang menantang adrenalin.

Jam Buka:06.30-19.00 WIB
Tiket Masuk:Rp 115.000,00
Nomor Telpon:0858 8820 8799
Aktivitas:Melihat pemandangan, berlemah, bermain air, berfoto
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Topi, pakaian ganti, pakaian hangat, peralatan mandi, perbekalan makanan dan minuman
Larangan:Dilarang berdiri langsung di bawah air terjun, dilarang berlari-larian di atas batu
Alamat:Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat
Fasilitas Umum:Area parkir, Gardu pandaang, Toilet, Ruang informasi, Warung akan, Tempat sampah
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Berwisata memang sudah seperti kebutuhan tubuh saat tubuh sudah mulai lelah dengan rutinitas sehari –hari. Dengan berwisata ke tempat yang memiliki udara yang sejuk dengan pemandangan yang hijau serta air yang jernih akan menyegarkan kembaili tubuh kamu. Dimanakah kita bosa menemukan kondisi seperti itu?

Bogor adalah salah satu kota yang terletak di jawa barat. Kota ini memiliki udara yang masih segar dan masih banyak pemandangan hijau yang bisa kita jumpai. Bogor juga memiliki potensi wisata alam yang cocok untuk kamu kunungi. Di kota ini kamu bisa menemukan banyak air terjun dengan udara yang sejuk serta pemandangan yang menenangkan.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu jadikan destinasi karena memiliki pemandangan  alam yang indah. Seperti apa keseruan berwisata kesini, sebelum kamu mengunjunginya simak artikel dibawah ini terlebih dahulu.

Sekilas Curug Nangka

Curug Nangka merupakan sebuah air terjun yang dimiliki oleh Kota Bogor yang wajib kamu kunjungi. Selain memiliki udara yang sejuk khas pegunungan, curug ini memiliki 3 air terjun dengan ketinggian 10 – 25 meter.

Tempat wisata seluas 17 hektar ini pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1991 oleh perhutani. Dengan lokasi yang berada di kawasan Gunung Salak dan berada di ketingian  750 mdpl memiliki suhu 20 – 22 derajat celcius.

Dengan lokasinya yang bisa dijangkau oleh kendaraaan umum atau kendaraan pribadi, kamu bisa dengan mudah mengunjungi tempat wisata ini. Kamu pun bisa menikmati curug ini dengan nyaman..

Alamat

Tempat wisata ini terbilang masih sangat alamai dan pemandanganya yang sanagat bagus .Tempat wisata ini terletak di kota Bogor yang tepatnya berada di Sukajadi, Tamansari, Sukajadi, kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat.

Buat kamu yang berasal dari luar kota atau berasal dari dalam kota, jika belum puas atau masih ingin menghabiskan hari libur, kamu bisa mengunjungi tempat wisaya lainya yang terdekat dari curug ini, Seperti Pura Parahyangan Agung Taman Sari Gunung Salak, yang berjarak 1,1 km, Kebun Raya Bogor, yang berjarak 10,7 km, atau Istana Bogor, yang berjarak 10,9 km. Beberapa pilihan tempat wisata tersebut bisa kamu jadikan piihan wisatamu setelah kamu mengunjungi curug ini.

Jam operasionsal

Kamu bisa mengunjungi tempat ini setiap hari dari jam 06.30 – 19.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Berlibur di tempat wisata ini menawarkan harga tiket yang  berbanding terbalik dengan pemandangan alamnya, tempat ini menyediakan pemandanganya yang indah, dan tempat – tempat foto yang sangat bagus. Jika kamu mengunjungi tempat ini kamu hanya harus membayar sebesar Rp 15.000,- / orang.

Baca Juga: Curug Leuwi Hejo Bogor

Daya Tarik

Hal yang menjadi daya tarik utama tempat wisata ini adalah air terjun. Air terjun yang memiliki debit air yang melimpah dan tidak pernah kering saat musim panas, beserta airnya yang sangat jernih dan menyegarkan. Beberapa vegetasi yang hidup dan tumbuh di kawasan ini menambah pemandangan yang asri. Selain itu disini juga terdapat sungai kecil yang selalu mengalir dan bening airnya.

Terkadang jika sinar matahari masuk dan menyinari air terjun yang terhempas akan menimbulkan pelangi yang indah. Setelah kamu sampai di air terjun, kamu bisa berenang atu hanya berbasah – basahan main air. Kedalaman air dibawah air terjun ini pun tidak dalam, hanya seukuran lutut orang dewasa.

Uniknya, sungai kecil ini adalah satu-satunya jalan yang menuju ke curug, sungai ini memiliki aliran air yang tenang dan tidak terlalu dalam sehingga mudah untuk dilalui. Selain itu jika kamu beruntung, kamu akan menjumpai beberapa kera liar yang terkadang muncul bergelantungan di pohon.

Nah jika kamu bertemu dengan monyet liar kamu harus berhati-hati, sebisa mungkin jangan menunjukkan jika kamu membawa makanan. Biasanaya jika salah satu monyet melihat kamu membawa makanan pasti akan diambil paksa oleh monyet itu.

Seeprti halnya jika berada di kawasan pegunungan, kamu juga terkadang akan mendengar suara burung-burung yang sedang berkicau dengan membentuk nada – nada nuansa alam yang bisa membuat kamu terlena dan merasa sangat nyaman.

Dengan kontur tanah yang terbentuk dengan alami, kamu juga bisa menemukan beberapa spot foto yang sangat menarik. Di sni juga terdapat camp ground yang bisa kamu gunakan untuk berkemping bersama teman – teman mu, atau sendiri jika kamu ingin menenangkan diri kamu setelah penat bekerja.

Mitos

Dibalik pemandanganya yang indah dan memanjakan mata, curug ini mengahdirkan cerita mistis tersendiri. Maka dari itu jika kamu mengunjungi curug ini harus tetep menjaga sopan santun. Mitosnya curug ini dari beberapa sumber mengatakan, jika dalam perjalan kamu tidak terpeleset atau jatuh, itu adalah pertanda baik, seperti kamu diterima.

Namun jika dalam perjalanan menuju curug kamu terpeleset atau jatuh, bukan berarti bukan pertanda baik, hanya kamu kurang beruntung saja untuk lebih berhati-hati.

Di curug ini juga terdapat batu yang bentuknya menyerupai anjing, konon katanya menurut kuncen curug ini, batu itu adalah tumang, dari cerita rakyat adalah ayah dari Sangkuriang.

Fasilitas

Biarpun letaknya sedikit masuk kedalam namun tempat wisata ini dikelola oleh Pemerintah Bogor, maka disedidakan beberapa failiatas yang cukup komplit untuk menambah kenyamanan kamu berkunjung di sni. Beberapa fasilitas itupun seperti:

  • Area parker
  • Gardu pandang
  • Toilet / MCK
  • Ruang informasi
  • Warung makan
  • Tempat sampah

Pastinya jika berwisata di Kota Bogor  tidak cukup jika hanya satu hari saja, karena masih sangat banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Apalagi jika kamu berasal dari luar kota. Jika kamu ingin bermalam untuk melanjutkan wistamu keesokan harinya.

Atau hanya sekedar ingin bermalam menghabiskan waktu liburan, ada beberapa penginapan yang bisa kamu jadikn pilihan. Penginapan tersebut seperti, Sasaungan Cunang, yang berjarak 170 meter, Resort Highlander yang berjarak 1,2 km, atau Villa Disntine yang berjarak 4,1 km.

Jika kamu ingin berwisata kuliner atau hanya ingin mengisi perut yang lapar, kamu tidak perlu kawatir, karena didekat lokasi wisata ini ada banyak rumah makan yang bisa kamu kunjungi. Rumah makan tersebut seperti Rumah Makan Saung Ba – Ba, yang berjrak 1,5 km, Lesehan Waroeng Kampoeng, yang berjarak 3 km, atau Rumah Makan Pak sabar, yang berjarak 3,2 km.

Rute

Jika kau berasal dari luar kota, kamu bisa menggunakan kereta api yang menuju Bogor. Selanjutnya kamu menuju ke seberang menggunakan jembatan penyeberangan dan lanjutkan perjalanan mu menggunakan angkutan umum nomer 03 yang menuju ke arah Ciapaus dan turun di pertigaan Cipaus. Lama perjalan dari setasiun menuju Ciapus kurang lebih 50 menit.

Setelah sampai dipertigaan Ciapus, kamu bisa menggunakan angkutan umum BFC berwarna biru yang menuju ke lokasi Curug Nangka dan turun di pertigaan didepan The Highland Park Resort. Selanjutnya kamu harus menggunakan angkutan umum lagi yang berwarna hijau menuju Curug Nangka.

Untuk perjalanan menggunakan angkutan umum dari stasiun ke Ciapus kamu dikenakan biaya Rp 10.000,- , dan dari The Highland Park Resort menuju Curug Nangka kamu membayar Rp 15.000,-.

QnA

Berikut adalah daftar pertanyaan dari warga net terkait objek wisata air terjun di Bogoor yang satu ini:

Jika kesana menggunkan mobil pribadi jalanya apakah bagus ?

Akses jalanya bagus.

Kalau digunakan untuk camping apakah aman ?

Kami rasa cukup aman, ada beberapa yang mendirikan tenda. Tapi yang harus diwaspadai adalah kera.

Apakah ada penginapan didekat lokasi ?

Ada, banyak sekali penginapan di sekitar objek wisata ini.

Bis besar bisa masuk ke curug ini ?

Bisa, akses jalanya cukup luas dan parkiranya juga luas.

Apakah bisa dari Stasiun Bogor menuju curug ini menggunakan transportasi online ?

Sangat bisa sekali.

Kesimpulan

Curung Nangka memiliki keindahan alami ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang sangat luar biasa. Air terjun yang dikelilingin pohon – pohon rindang, dengan udaranya yang sejuk menjadikan tempat ini sangat nyaman untuk di kunjungi. Akses yang cukup mudah untuk dijangkau memudahkan kamu untuk mengunjunginya.

error: Disable