Curug Cipanyairan, Alam Garut yang Masih Tersembunyi

Diposting pada

Curug Cipanyairan adalah destinasi wisata di Garut yang belum banyak disinggahi oleh wisatawan. Tempat ini masih benar benar asri dan terletak di kaki gunung papandayan

Jam Buka:07.00-17.00 WIB
Harga Tiket:Belum diketahui Harganyanya
Kontak:
Alamat:Pakenjeng, Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44168
Fasilitas Umum:Tempat Parkir, Warung Makan,
Akses Jalan:Tidak Terlalu Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Siapa yang tidak mengenal Garut. Kota kecil ini memang mungil dan pantas dijadikan sebagai objek wisata. Memang, menuju ke kawasan ini agak sedikit sulit. Tetapi, apa yang akan disajikan benar-benar mampu menghipnotis setiap pengunjung saat datang ke wilayah ini.

Salah satunya adalah Curug Cipanyairan Pamulihan. Sebagian besar dari anda mungkin, belum tahu keunikan dan eloknya air terjun ini. Baiklah, tidak usah berlama-lama, mari kita simak hasil penelusurannya di bawah ini,

Curug Cipanyairan Garut

Saat pertama kali melihat curug ini. Anda pasti akan terkesan dengan pemandangan yang tersaji di depan mata. Begitu derasnya debit air turun dari atas tebing ke bawah. Sehingga, menghadirkan angin nan kencang.

Oleh karena itu, anda harus berhati-hati dan disarankan untuk tidak mendekat. Lantaran, tempat ini sering terjadi banjir yang datang tiba-tiba. Maka, papan penanda pun sudah disiapkan untuk memberikan peringatan kepada pengunjung yang datang.

Tinggi dari Curug Cipanyairan kurang lebih 80 meter. Satu keunikan bisa kita lihat disini adalah jatuhnya air yang terhalang oleh sebuah tebing di kanan. Sehingga, saat anda berada di sebelah kanan maka, anda tidak akan bisa melihat keberadaan curug ini.

Aliran dari air terjun turun menjadi sebuah sungai dengan kesegaran alami. cobalah basuh muka dan rasakan dinginnya air merasuk hingga ke dalam lubuk hati yang paling dalam. Atau, anda juga bisa meminumnya.

Tenang, air di sini sangat bersih dan jernih. Sehingga, tidak terlalu berbahaya bila di minum langsung. Dari segi rasa, hampir sama pada saat anda meminum air putih. Mungkin, akan terasa lebih segar di kerongkongan dari pada minum air putih biasa.

Mitos Curug Cipanyairan

Bukan negeri Indonesia namanya, bila setiap objek wisata nan mengesankan tidak mempunyai sebuah misteri atau juga mitos yaitu oray samak. Dipercaya ada di sekitar curug. Lalu ada pula pada saat itu, ada juga seseorang menebang pohon.

Nah, pohon tersebut jatuh ke curug dan anehnya, pohon tersebut langsung menghilang begitu saja. cukup mengerikan bukan. Jadi, disarankan untuk tidak melamun bila sudah berada di sekitar kawasan ini. takut terjadi apa-apa.

Rute Lokasi Curug Cipanyairan

Curug Cipayairan terletak di Desa Pakenjeng, Desa pamulihan, Kabupaten Garut Jawa Barat. Anda bisa arahkan kendaraan dari pusat kota Garut menuju kearah bayongbong, Cisurupan. Kemudian, arahkan kendaraan menuju ke Pamulihan.

Di sini anda akan menikmati berbagai macam pemandangan perkebunan teh nan indah. Mempesona dan menyejukkan hati serta mata. Lalu, belok ke kanan kearah desa pakenjeng. Hingga tiba di gapura desa pakenjeng.

Selanjutnya, belok ke kanan menyusuri jalan berkelok-kelok seperti sebuah ular. Sejauh 1 km kemudian, akan menemukan sebuah warung. Anda bisa memakirkan kendaraan di warung tersebut.

Selanjutnya, mari bersenang-senang dengan berjalan kaki menyusuri setiap sudut jalan berbatu. Cukup lebar dan bisa  digunakan untuk melintas truk. Kurang lebih 40 menit berjalan, anda akan tiba di titik lokasi curug.

Coba rasakan bagaimana keindahan dan nuansa alaminya tempat ini. hirup sejenak udara segar dengan pemandangan hijau yang diiringi oleh berbagai macam melodi alam seperti suara burung dan sungai. Semua rasa lelah dan letih seakan hilang seketika.

Karena belum di kelola dengan baik maka untuk bisa masuk ke tempat ini hanya perlu bayar biaya parkir saja. untuk mobil 10 ribu. Bagi yang menggunakan kendaraan bermotor bisa membayarnya dengan harga 5 ribu rupiah saja.

Harga yang cukup murah bukan untuk menikmati berbagai macam sajian yang ada disini. jangan lupa pula membawa senjata para traveller yaitu kamera. Dengan kamera ini setiap momen akan terasa sangat berkesan dengan mengambil foto dan juga gambar.

Lihat juga: Curug Perigi Bantargebang, Bekasi

Tips Sebelum Kelokasi Ini

Ada beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan referensi anda untuk menikmati kawasan ini. Anda, harus membawa bekal minuman sebelum menikmati perjalanan ke curug. Karena, di titik lokasi belum ada warung makan atau minuman.

Kemudian, jangan memaksakan kehendak untuk naik ke atas. Istirahat terlebih dahulu bila lelah. Banyak pengunjung yang memaksakan dan pada akhirnya, mereka  tidak sanggup mencapai curug lantaran kelelahan.

Gunakan alas kaki yang nyaman. Dan perhatikan apabila musim penghujan, jalanan akan becek dan licin. Jangan lupa pula membawa jas hujan. Bila sewaktu-waktu tempat ini basah. Anda sudah siap untuk melindungi diri dari air hujan.

Galeri Foto Curug Cipanyairan

curug cipanyairan
curug cipanyairan
curug cipanyairan
curug cipanyairan
curug cipanyairan

Curug Cipanyairan adalah kawasan paling esoktis di Garut. Mempunyai keindahan alam luar biasa. Tidak ada satu pun bisa menyaingi tempat ini. Jadi, kapan anda akan mengunjungi dan menikmati keindahan ini?

Seberapa bermanfaat posting ini?

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.