Fakta Dibalik Museum Tsunami Aceh yang Megah, Peta Lokasi + Harga Masuk

Fakta Dibalik Museum Tsunami Aceh yang Megah, Peta Lokasi + Harga Masuk
Beri nilai

Fakta Museum Tsunami Aceh
Melihat, merasakan ketakutan saat berada dalam tsunami, berfoto dengan banyak spot yang menarik
Jam Buka 09.00–17.00
Harga tiket anak-anak/pelajar/mahasiswa Rp 2.000 per orang, Dewasa Rp 3.000, sedangkan untuk tamu asing Rp 10.000
Kontak (0651) 40774
Alamat Jalan Sultan Iskandar Muda No.3, Suka Ramai, Baiturrahman, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23243
Peta Lokasi Museum Tsunami AcehKlik

Ingat bagaimana dasyatnya bencana tsunami di aceh? Bagi yang mengalami becana tersebut, mungkin suatu kejadian yang tak kan pernah terlupakan sepanjang hidupnya. Bencana terhebat yang mampu melululantahkan bumi aceh dan mengakibatkan ratusan jiwa meninggal. Untuk dapat mengenang ataupun melihat rekayasa tsunami aceh, kamu bisa pergi ke Museum tsunami aceh. Karena disana kamu dapat merasakan, melihat, jeritan mereka yang dulu bertemu langsung dengan bencana tsunami tersebut.

Berikut ini beberapa foto dan video museum tsunami aceh yang bisa anda lihat. Bisa sebagai referensi sebelum berkunjung ke tempat tersebut.

Galeri Foto Museum Tsunami Aceh

Selengkapnya Semua Foto

Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh, adalah sebuah museum pengenang tsunami Aceh tahun 2004 silam. Peristiwa tersebut menelan korban sebanyak 240.000 jiwa. Museum ini menyimpan banyak sejarah dan kenangan masa peristiwa tersebut, diresmikan sejak februari 2008, dan dibuka untuk umum pada 8 mei 2011.

Didesain oleh M. Ridwan Kamil, yang merupakan salah satu dosen ITB setelah menang lomba desain, dan dibangun oleh BRR Nad Nias. Museum ini menghabiskan 140 milyar dalam pembangunannya. Jika dilihat dari atas, maka museum tersebut menggambarkan gelombang tsunami, namun jika dilihat dari bawah akan tampak seperti kapal penyelamat dengan jembatan yang luas seperti tempat penyelamatan.

Objek wisata ini menjadi sebuah simbol kekuatan dari Masyarakat aceh dalam menghadapi musibah besar ini, fakta museum tsunami Aceh tentang peristiwa tersebut memang tak bisa ditolak lagi. Selain itu, bangunan tersebut bisa menjadi warisan bagi generasi penerus Aceh serta semua masyarakat Indonesia di masa depannya nanti sebagai pesan dan pelajaran bahwa tsunami pernah melanda Aceh yang menelan begitu banyak korban.

Desain arsitektur Museum Tsunami Aceh bertemakan Rumah Aceh as Escape Hill ini mengadaptasi konsep bangunan rumah panggung yang termasuk dalam ciri khas rumah tradisional Aceh. Oleh karena itu, lantai dasarnya dibuat menjadi ruang terbuka yang bisa berguna sebagai ruang publik dan memberi jarak aman terhadap ancaman datangnya tsunami.

Motif dinding luarnya mengadaptasi citra tari saman yang menjadi simbol kekuatan, kedisiplinan dan kepercayaan religi masyarakat Aceh. Ada sebuah lorong vertikal yang menjulang ke tengah bangunan yang menyerupai cerobong. Di dinding sekelilingnya dalam lorong tersebut ada nama-nama korban jiwa ketika tsunami terjadi dan di puncaknya ada siluet bertuliskan “Allah” dalam huruf Arab. Ketika memasuki gedung ini, Anda akan melalui lorong menurun yang di kedua sisinya ada air terjun yang memunculkan suasana kepanikan ketika terjadi tsunami tersebut.

Ada beberapa segmen di tempat ini, segmen pertama ada di lantai dasar sebagai wahana untuk memperingati kejadian tsunami Aceh. Segmen kedua yakni wahana edukasi tsunami berupa dokumentasi tsunami, dan berbagai alat peraga dan perpustakaan. Segmen ketiga yakni ruang terbuka yang ada di atap gedung yang digunakan untuk tempat evakuasi masyarakat ketika tsunami datang kembali.

Wisata sejarah Aceh ini berfungsi sebagai monumen bersejarah dan tempat penyimpanan semua kenangan berupa foto dan video dokumentasi ketika terjadi tsunami di Aceh. Selain itu, museum ini juga dijadikan sebagai tempat pendataan sebagai pusat penelitian dalam pembelajaran untuk mengenal tsunami Aceh. Museum tersebut juga dijadikan sebagai tempat penyelamatan apabila jika terjadi tsunami lagi di masa yang akan datang.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Tsunami Aceh

Untuk berkunjung ke tempat wisata sejarah ini, Anda tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis. Jika Anda ingin melihat video dokumenternya baru akan dikenakan biaya. Pihak pengelola memang tidak memberlakukan tiket masuk. Untuk jam buka museum ini yakni pada jam 09.00 hingga 17.00 dengan jam istirahat pukul 12.00 hingga 13.00. Dengan ini, Anda bisa berkunjung dan memahami peristiwa tsunami yang terjadi di Aceh beberapa tahun silam.

Peta Lokasi Museum Tsunami Aceh

Berkunjung ke tempat ini, Anda akan mengenang peristiwa tsunami di Aceh. Museum ini berada di pusat Kota Banda Aceh, tepatnya di Jalan Sultan Iskandar Muda yang berdekatan dengan Lapangan Blang Padang, sekitar 400 meter dari Masjid Raya Baiturrahman Aceh. Aksesnya juga cukup mudah, Anda bisa menggunakan berbagai transportasi umum maupun pribadi untuk menuju tempat ini. Jika masih kesulitan, maka tanyakan pada aplikasi google maps di ponsel Anda.

Itulah museum Tsunami Aceh yang kaya akan fenomena tersebut. Ingin tau sejarah dari adanya tsunami Aceh tahun lalu, maka bisa berkunjung ke tempat wisata ini.

Advertisement

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.