Candi Prambanan Yogyakarta

Dunia mengakui bahwa candi prambanan adalah salah satu peninggalan sejarah yang menabjukan. Jangan ngaku pergi ke Jogja kalau belum foto di tempat ini.

Jam Buka:06.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Usia 10 tahun keatas: Rp 40.000 | Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 20.000
Kontak: (0274) 496401
Penginapan: (Hotel Prambanan Indah, Poeri Devata Resort Hotel, Candi View Hotel)
Alamat:Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Candi Prambanan
Candi Prambanan

Candi Prambanan Yogyakarta

Candi prambanan merupakan candi hindu tertinggi yang ada di Indonesia. Candi ini selain menjadi tempat ibadah, juga sebagai destinasi wisata populer di Jogja. Prambanan ditetapkan UNESCO sebagai wisata warisan budaya yang harus dilestarikan. Letaknya candi ini diperbatasan antara Klaten dan Yogyakarta tepatnya di kabupaten Sleman.

Ada 2 versi cerita yang saat ini dipercaya sebagai alasan terjadinya candi prambanan yaitu cerita Roro Jonggrang dan kepemimpinan Pakai Pikatan. Kedua cerita tersebut yang lebih masuk akal adalah Pakai Pikatan, yaitu keinginan untuk menyaingi kemegahan candi borobudur dan candi sewu. Membutuhkan waktu pembangunan yang cukup lama hingga 3x pergantian raja terus dibangun. Namun sayangnya, setelah terjadi bencana alam Gunung berapai meletus, Mpu Sindok memindahkan ibuka kerjaan di Jawa Timur, dengan mendirikan Wangsa Isyana. 

Anda dapat mengetahui sejarah singkat di wikipedia dan scribd atau sejarah secara lengkap di buku sejarah candi prambanan

Dalam mempelajari sejarah, bacalah banyak referensi, agar pengetahuan tentang suatu objek menjadi lebih luas.

Pada tahun 1991 candi prambanan atau yang sering juga di sebut candi roro jonggrang di nobatkan sebagai warisan budaya oleh Unesco. Untuk dapat terus menghidupkan budaya di lingkungan candi, pengelola menyelenggarakan pagelaran tari setiap 2 hari sekali. Tidak hanya itu juga, setiap tahun Candi Prambanan juga digunakan untuk beribadah bagi Umat Hindu se Jawa Tengah.

Saat ini jumlah candi yang masih tersisa kurang lebih hanya 18 candi dari total 240. Dari ke 18 candi tersebut diantaranya adalah 3 Candi Wahana, 3 Candi Trimurti, 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir, 4 candi Patok dan 224 Candi Perwara. Perlu sedikit anda ketahui, dari jumlah total tersebut, candi yang paling besar adalah candi trimurti, dan dari ke 3 candi trimurti yang terbesar adalah candi untuk Dewa Siwa

Di candi wisatawan biasanya menjadikan objek candi sebagai spot foto, beberapa wisatawan juga mempelajari sejarah candi melalui tour guide. Tidak jarang juga, candi prambanan dijadikan sebagai spot preweding.

Lingkungan candi prambanan sangat bersih dan terdapat ornamen batu candi asli yang dapat anda lihat disekitar candi utama. Karena memang lebih dari 75% dari bangunan candi yang saat ini adalah sudah bukan asli, melainkan sudah hasil renovasi.

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Candi, pengelola juga sering mengadakan festival band Nasional maupun Internasional di Komplek candi Prambanan. Informasi tentang gambaran lengkap kegiatan di candi Prambanan bisa anda baca di situs resminya yaitu http://borobudurpark.com/

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Selain banyak cerita menarik, anda juga harus tahu bahwa untuk masuk ke lokasi yang luasnya 39 lebih ini dikenakan biaya retribusi. Untuk orang dewasa dikenakan biaya masuk Rp. 40.000 dan untuk anak anak dibawah 10 tahun dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 30.000

Dengan biaya tersebut anda bebas berlama lama di dalam lingkungan candi tanpa ada batasan waktu.

Dianjurkan untuk anda, jika berkunjung ke lokasi ini sebaiknya pagi atau sore hari, karena kalau siang hari pas terik, akan sangat panas kelai suasananya, mengingat tempat yang anda kunjungi sebagian besar adalah bebatuan. Jika terpaksa sampai candi pada siang hari, jangan lupa membawa payung atau lotion dengan UV tinggi, agar kulit tidak terbakar.

Peta Lokasi dan Rute Candi Prambanan Yogyakarta

Candi prambanan terletak di perbatasan antara Yogyakarta dan Klaten. Jika ditempuh dari Kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi, anda hanya membutuhkan waktu 15 menit saja, jika jalanan lancar. Namun jika jalanan macet bisa sampai 1 jam perjalanan. Alamat candi prambanan terletak di Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hanya berjarak 17 km saja dari kota jogja. Cek maps aja mas / mbak bro.

Galeri Foto Candi Prambanan Yogyakarta

Wisata sejarah candi prambanan cukup membuat pengunjung semakin cinta Indonesia. Berikut ini beberapa foto yang diambil dari wisatawan yang sudah pernah berkunjung.

Candi Prambanan Batu
Candi Prambanan Besar
Candi Prambanan Budaya
Candi Prambanan Indah
Candi Prambanan Kembar
Candi Prambanan Lingkungan
Candi Prambanan Runtuhan
Candi Prambanan Tegak
Candi Prambanan Tiga
Candi Trimurti

Bagaiaman? Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke Candi Prambanan? Jika artikel ini bermanfaat, bantu kami membagikan kepada pembaca lebih banyak lagi, dengan cara klik tombol share.

Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.

Loading...

One thought on “Candi Prambanan Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *